Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Komponen di Mobil yang Wajib Dicek Berkala meski Aktivitas Padat

Kompas.com - 22/06/2024, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas kesibukan harian yang padat kadang tak hanya membuat pemilik mobil sempat melakukan perawatan berkala ke bengkel, bahkan untuk mengecek kendaraan secara pribadi pun kerap terlewat.

Namun demikian, untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi prima saat digunakan beraktivitas, ada baiknya pemilik menyisihkan waktu melakukan pengecekan beberapa sektor yang penting.

Dari keterangan resmi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), setidaknya ada enam komponen yang wajib dicek kondisinya agar mobil tetap aman dan nyaman selama digunakan, yakni:

1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant untuk mencegah mesin overheat.

Baca juga: 1.500 Unit Mobil Listrik BYD Sudah Mendarat di Indonesia

Pengecekan oli mesin mobilADM Pengecekan oli mesin mobil

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum dengan stik cek oli. Penting diketahui, kekurangan oli dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan fungsi wiper sangat penting agar dapat menjaga visibilitas dan tidak merusak kaca.

Pastikan air di tangki wiper dalam kondisi terisi penuh yang dapat dilihat dari bagian tangki di dalam kap mesin.

4. Kendaraan yang menggunakan power steering hidrolik bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungannya.

Baca juga: Pasar LCGC Naik 50 Persen Mei 2024, Daihatsu Sigra Berkuasa

Ilustrasi pengecekan mobil DaihatsuADM Ilustrasi pengecekan mobil Daihatsu

"Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering sesuai spesifikasi yang direkomendasikan," tulis tim teknisi Daihatsu dalam keterangan resminya, Jumat (21/6/2024).

5. Agar pengereman optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan.

Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

Baca juga: Penyebab Ular Masuk Ruang Mesin Mobil

Daihatsu Terios faceliftKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu Terios facelift

6. Khusus pengguna aki basah, wajib mengisi air aki secara berkala agar fungsinya tetap optimal. Pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan pada seluruh sel selalu berada antara lower level dan upper level.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com