Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Ular Masuk Ruang Mesin Mobil

Kompas.com - 21/06/2024, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sekali dua kali ditemui ular masuk ke ruang mesin mobil dan bagian dalam sepeda motor. Pelaku ini membuat bingung sebab mobil dan motor bukan habitat asli ular.

Menjawab hal tersebut, drh. Rudal Jetta Bayusalaksa, MSc, dari Kit Kat petshop and petcare, Yogyakarta, mengatakan, ular kerap masuk ke kap mesin mobil dan motor untuk mencari tempat yang hangat.

Baca juga: Alasan Penumpang Bus AKAP Gemar Cari Tiket Lewat Aplikasi

Tangkap layar foto ular masuk motor. Tangkap layar foto ular masuk motor.

"Jadi yang perlu kita ketahui ialah ular itu berdarah dingin atau disebutnya poikiloterm, istilah untuk hewan yang suhu tubuhnya sesuai lingkungan, jadi dia tidak bisa memproduksi panas tubuhnya sendiri jadi metabolismenya sering terganggu," ujar Jetta kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Di mana metabolisme ular itu dia butuh hangat, jadi butuh berjemur atau mencari tempat yang hangat di mana salah satunya kap mobil. Kap mobil biasanya setelah dipakai hangat, jadi dia masuk ke situ mencari kehangatan," ujarnya.

Kedua kata Jetta, ular kerap masuk ke kap mesin dan bagian motor untuk mencari tempat perlindungan. Kap mesin dan bagian dalam motor menawarkan tempat yang bagus buat persembunyian.

Baca juga: Motor Listrik Tangkas Resmi Dapat Subsidi, Harga mulai Rp 10 Jutaan

Ular bisa masuk ruang mesin sebab sebagian mobil saat ini kerap tidak dilengkapi dengan cover di bagian bawah ruang mesin. Sekalipun ada pelindung (cover) tetap ada celah kecil untuk binatang masuk.

 

Ular masuk ke mesin mobilintagram.com/damkar_bontang Ular masuk ke mesin mobil

"Kedua tempat yang sempit, seperti shelter jadi tempat yang aman dalam tanda kutip," ujar Jetta.

Terakhir ialah mencari makan. Menurut Jetta, hal ini bisa terjadi saat mobil lama tidak dipakai dan ada tikus yang bersarang.

"Kemudian kadang, mobil yang lama tidak dipakai jadi sarang tikus, ada kencing tikus juga di situ mengundang ular untuk ke sana. Jadi seolah ada pemancingnya," ujar Jetta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com