Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Yamaha XMAX TechMAX dengan Honda Forza 250

Kompas.com - 10/12/2023, 13:28 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi menjual XMAX TechMAX di Indonesia. Motor dengan sentuhan premium tersebut kini dibanderol Rp 71,3 juta, lebih mahal Rp 5,3 juta dari XMAX standar.

Soal motor 250cc, jangan lupa kalau Astra Honda Motor juga punya produk di segmen tersebut, yakni Forza. Belum lama ini juga AHM memperbarui Forza, harganya sekarang jadi Rp 90,33 juta.

Pada tulisan kali ini, akan membandingkan kedua motor, dari segi spesifikasi, fitur, sampai harganya. Cuma sudah jelas buat harga, Forza Rp 19 jutaan lebih mahal dari XMAX TechMAX.

Baca juga: Sejak Meluncur 2018 Lexi Minim Ubahan, Ini Penjelasan Yamaha

Yamaha XMAX 250 TechMAX meluncur pada 9 Desember 2023 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha XMAX 250 TechMAX meluncur pada 9 Desember 2023 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Soal spesifikasi, XMAX TechMAX dilengkapi dengan mesin Bluecore 250 cc 1-silinder SOHC 4-katup bertenaga 16,8 kW atau setara 22,5 TK pada 7.000 RPM dan torsi 24,3 Nm pada 5.550 RPM.

Selain itu, TechMAX sendiri merupakan XMAX yang dibubuhi aksesori pemanis. Misal di bagian jok dan cover lid pocket dilapis bahan seperti kulit, hand grip ada tulisan TechMAX, juga pijakan kaki aluminium dengan logo TechMAX.

Pada segi fitur, XMAX TechMAX kurang lebih sama dengan XMAX yang meluncur di IMOS 2022. Misal Sistem Navigasi, TFT Infotainment System, Y-Connect, Sistem pengereman ABS hingga Traction Control System (TCS), dan colokan USB.

Baca juga: Daihatsu Terios Tampil Gagah, Siap Diajak Off Road


Sedangkan kalau dibandingkan dengan Forza 250, segi mesin menggunakan 250 cc SOHC eSP+ (enhanced Smart Power) berpendingin cairan. Tenaga maksimum 17 kW atau setara 22,7 TK pada 7.750 RPM dan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 RPM.

Secara tampilan, Forza baru ini dilengkapi dengan sentuhan bodi yang lebih tajam, jadi makin agresif. Pilihan warna juga lebih banyak, seperti Candy Syrah Wine Red, Matte Gunpowder Black Metallic, Pearl Glittering Blue, dan Pearl Smoky Gray.

Bicara soal fitur, Forza juga tidak kalah banyak dari XMAX TechMAX. Layar instrumen Forza kombinasi antara jarum untuk RPM dan speedometer, ditambah ada layar MID di tengahnya yang penuh informasi.

PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda Forza 250 model 2023Dok. AHM PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda Forza 250 model 2023

Lalu Forza dilengkapi dengan windscreen yang bisa diatur tinggi rendahnya secara elektronis. Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Emergency Stop Signal (ESS) juga disematkan.

Kalau dibandingkan di atas kertas, mesin dari Forza sedikit lebih bertenaga, cuma soal torsi XMAX TechMAX lebih besar. Tapi sepertinya memang harus dirasakan langsung di jalan, karena tenaga dan torsi maksimal Forza diraih di putaran mesin lebih tinggi.

Soal desain, sebenarnya kembali ke selera masing-masing. Yamaha dengan tampilan yang agresif sejak awal atau Honda yang sebenarnya kalem, tapi mencoba lebih agresif dengan bodinya yang baru.

Bicara fitur, XMAX TechMAXmenawarkan koneksi telepon genggam dan GPS. Sedangkan Forza memiliki pengaturan windscreen yang elektrik, sisanya kurang lebih sama antara keduanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com