Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Modifikasi Unik, Daihatsu Zebra Disulap Jadi Campervan Tronton

Kompas.com - 04/06/2024, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pamor campervan hingga saat ini masih terus menanjak di Indonesia, bahkan desain dari  masing-masing pemilik kini makin beragam dan inovatif. Misalnya seperti pria asal Cimahi bernama Yoga Mulyantono yang menyulap mobilnya menjadi campervan dengan desain yang unik.

Campervan tersebut menggunakan basis dari Daihatsu Zebra. Beberapa ubahan dilakukan pada produk minibus legendaris milik Daihatsu tersebut, namun yang paling mencolok adalah jadi model tronton, dengan tiga roda as seperti tren desain big bus saat ini. 

Baca juga: Bus Double Decker DAMRI Tak Berhenti di Rumah Makan

"Awal konsepnya saya ingin punya mobil kemping yang murah meriah tapi meriah.  Kemudian dari konsep itu, saya juga ingin modelnya sliding door atau pintu geser. Saya juga ingin desainnya sedikit unik dan nyeleneh,  akhirnya saya coba mendesain ini agar beda dari yang lain yakni dibuat campervan tronton dengan enam ban," katanya di Bandung, Minggu (2/6/2024). 

Yoga mengatakan, untuk pengerjaan interior campervan ini dibuat sendiri oleh dirinya. Adapun untuk merombak bodi, pria berusia 62 tahun itu meminta pengerjaanya dilakukan oleh bengkel las agar lebih panjang dari ukuran sebelumnya. 

Modifikasi campervan tronton KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Modifikasi campervan tronton

 "Membangun ini durasinya 3-4 bulanan, di rumah saya punya bengkel, saya punya alat-alat terus saya panggil tukang las untuk merombak bodinya untuk ditambah panjangnya. Konstruksi yang lainnya saya semua sayang yang mengerjakan.  Ini pakai as belakangnya Mitsubishi Galant," katanya 

Yoga mengatakan, basis dari campervan ini ialah Daihatsu Zebra keluaran tahun 1996. Dia membeli unit ini pada  tahun 2021 yang dibelinya dengan harga Rp 19 juta.  Sementara itu, untuk biaya modifikasinya menghabiskan budjet sekitar Rp 40 jutaan baik itu interior dan eksterior. 

Baca juga: Adu Harga All New Honda Beat, Mio M3, dan Nex II, Siapa Termurah?

Menurunya proses yang paling lama dalam pengerjaan campervan ini adalah proses memanjangkan bodi. Secara rinci, panjang bodi minibus ditambah 70 cm. Kemudian letak as roda ban belakang di buat mundur. 

Modifikasi campervan tronton KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Modifikasi campervan tronton

Hal unik lainnya, campervan ini juga bisa membawa gandengan pada area belakang untuk membawa ATV. 

"Mobil ini bukan harian, kalau harian saya pakai Sienta. Kenapa pilih Daihatsu Zebra? pertama murah, lalu unik mobilnya, lucu, dan sliding door saya cari itu. Suku cadang gampang serta murah meriah, banyak yang jual dan banyak yang asli," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com