Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Sponsor Marquez yang Bentrok dengan Tim Pabrikan Ducati

Kompas.com - 20/05/2024, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez telah menegaskan bahwa dia menginginkan mesin berspesifikasi pabrikan musim depan. 

Artinya pebalap asal Spanyol tersebut ingin naik kelas dan beralih ke tim pabrikan. Di mana dia bertarung dengan dua pebalap lain yaitu Enea Bastianini dan Jorge Martin untuk menjadi teman Francesco Bagnaia. 

Baca juga: Marquez Mulai Berani Rebutkan Gelar Juara Dunia MotoGP 2024

Ducati sendiri memberikan acuan bahwa akan mulai memutuskan siapa yang masuk skuad tahun 2025 usai MotoGP Mugello yang dimulai pada akhir Mei 2024.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

Menariknya, jika Marquez ingin jadi pebalap tim Ducati Lenovo maka ada beberapa rintangan yang mesti dia hadapi yaitu kehilangan sponsor pribadi.

Marquez harus mengakhiri hubungannya dengan Red Bull jika bergabung dengan tim pabrikan Ducati pada tahun 2025. Pasalnya, Ducati disponsori oleh Monster, rival besar Red Bull di pasar minuman energi.

Saat MotoGP Le Mans, Perancis, Marquez mengatakan, tentang kemungkinan meninggalkan Red Bull jika itu yang harus dilakukan agar bisa masuk skuad pabrikan Ducati.

Baca juga: Honda Ungkap Truk Konsep Bahan Bakar Hidrogen

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

“Saya semua di sini untuk menang, dan untuk mencapainya saya harus mengupayakan kondisi terbaik setiap saat. Semuanya harus saya pertimbangkan," ujar Marquez dilansir Crash, Senin (20/5/2024).

“Jika seorang pebalap mengakhiri kontraknya, apa pun itu, memiliki motor pabrikan, sangatlah bodoh jika tidak setidaknya berbicara dengan mereka. Anda harus berbicara dengan semua orang," katanya.

Selain Red Bull, ada sponsorship lain yang kabarnya menyulitkan Marquez, yaitu hubungan Marquez dengan Samsung yang menyaingi sponsor utama Ducati, Lenovo.

Baca juga: Vinfast Investasi Rp 3,1 Triliun untuk Pabrik di Indonesia

Marc MarquezTwitter.com/marcmarquez93 Marc Marquez

Kemudian Allianz yang bekerja sama dengan Marquez bersaing dengan Unipol yang bekerja sama dengan Ducati.

Sponsor pribadi lain yang juga bentrok yaitu Marquez disponsori oleh kacamata hitam Oakley, adapun Ducati disponsori oleh kacamata hitam Carrera.

Terakhir, Marquez bekerja sama dengan perusahaan bir Estrella Galicia. Sedangkan Ducati menjalin kontrak dengan perusahaan Contadi Castaldi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com