Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Cruise Control, Mobil Listrik BMW iX Kena Recall

Kompas.com - 15/06/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW sudah memiliki line up kendaraan listriknya, yakni i4 dan i7 untuk sedan, sedangkan SUV ada iX. Namun baru-baru BMW iX dikabarkan terkena recall.

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (15/6/2023), recall BMW iX terkait fitur cruise control yang membuat pengemudi melakukan akselerasi secara tiba-tiba.

Masalah ini pertama kali ditemukan pada akhir 2022, di mana BMW menerima keluhan tentang akselerasi yang tidak diinginkan dari pemilik kendaraan. Ketika diselidiki, hasil awal mengatakan bahwa hal tersebut tidak dapat dikaitkan dengan fitur cruise control.

Baca juga: Bocoran Harga Chery Tiggo 4 Pro

Namun, pada kasus berikutnya diketahui bahwa saat kendaraan melaju dengan kecepatan rendah, tangan pengemudi dapat secara tidak sengaja menyentuh tombol cruise control.

Pengemudi melaporkan bahwa mereka secara tidak sengaja menyalakan cruise control saat melakukan manuver kecepatan rendah, hal ini membuat BMW harus melakukan pengumuman recall.

BMW mengungkapkan bahwa masalah dapat terjadi saat pengemudi telah menyetel cruise control, kemudian menonaktifkannya, dan mengaktifkannya kembali secara tidak sengaja, seperti saat mereka parkir.

Meski kendaraan berakselerasi secara tiba-tiba, pengemudi dapat menonaktifkan sistem dengan menekan tombol batal, atau pedal rem.

Kabin mobil listrik BMW iX dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di ICE, BSD, Tangerang Selatan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Kabin mobil listrik BMW iX dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Pabrikan asal Jerman ini tidak mengetahui adanya kecelakaan atau cedera terkait masalah ini, yang mempengaruhi total 11.180 iX xDrive50s dan iX M60s dari model tahun 2022-2024.

Meski begitu, Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania memastikan bahwa recall tersebut hanya berlaku untuk unit BMW iX di Amerika Serikat.

“Tidak termasuk pasar Indonesia. Recall tersebut hanya untuk pasar Amerika Serikat,” ucap Jodie, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Peugeot Motorcycles Buat Motor Listrik, Punya Desain Simpel

Sebagai informasi, di Indonesia BMW memasarkan iX xDrive40, mobil ini memiliki output lebih dari 326 hp, dan mampu mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam 6,1 detik. SUV listrik BMW ini dibekali baterai 70 kWh yang mampu menghasilkan jangkauan hingga 420 kilometer.

Bicara soal harga, BMW iX xDrive40 dibanderol dengan harga Rp 2.398.000.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com