Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Formula 1 Mau Beli MotoGP Seharga Rp 68,5 Triliun

Kompas.com - 28/03/2024, 17:24 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Liberty Media, pemilik hak Formula 1 (F1), dilaporkan selangkah lagi membeli Dorna Sport selaku pemegang hak MotoGP, dengan harga lebih dari 4 miliar Euro atau setara Rp 68,5 triliun.

The Financial Times mengungkapkan kesepakatan pembelian sudah "dekat." Hasil kesepakatan kemungkinan bakal diumumkan paling cepat pada pekan depan.

Baca juga: Upgrade Audio Mobil, Ganti Head Unit atau Speaker Dulu?

Kalau benar Liberty Media membeli MotoGP, maka perusahaan ini akan menyatukan seri balap mobil dan sepeda motor paling top dunia di bawah bendera yang sama.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

Tawaran Liberty Media disebut mengalahkan tawaran perusahaan lain, mulai dari TKO, perusahaan pemilik UFC dan WWE.

Kemudian Qatar Sports Investments, pemilik klub sepak bola Paris-Saint Germain, dan Bridgepoint, perusahaan ekuitas swasta yang terlibat di MotoGP.

Meski disebut kesepakatan keduanya sudah dekat, pembelian Liberty Media kemungkinan akan menghadapi pengawasan regulasi.

Alasannya yaitu sebelumnya F1 dan MotoGP pernah dimiliki oleh satu perusahaan, yaitu perusahaan ekuitas swasta CVC Capital Partners. Namun CVC terpaksa menjual MotoGP ketika mereka membeli F1 karena peraturan Uni Eropa.

James Killick, pengacara White & Case, mengatakan bahwa penyelidikan terhadap kesepakatan antara Liberty Media dan Dorna sangat mungkin terjadi.

Baca juga: Kupas Tuntas Test Drive Honda City Sedan Sensing

Mobil Mercedes Formula 1 yang pernah dipakai  Lewis Hamilton saat pertama kali menang balapan F1 di Grand Prix Hongaria pada 2013 akan dilelang oleh RM Sotheby di Las Vegas, November 2023.Foto: Carscoops.com Mobil Mercedes Formula 1 yang pernah dipakai Lewis Hamilton saat pertama kali menang balapan F1 di Grand Prix Hongaria pada 2013 akan dilelang oleh RM Sotheby di Las Vegas, November 2023.

“Saya akan sangat terkejut jika regulator kompetisi tidak memperhatikan hal ini. Pertanyaannya adalah, apakah pasar sudah berubah?,” katanya dilansir dari Crash, Kamis (28/3/2024).

Untuk diketahui, pemegang saham Dorna saat ini terbagi jadi dua, pertama adalah Bridgepoint, Badan Investasi Rencana Pensiun Kanada, dan kedua yaitu Carmelo Ezpeleta yang menjabat sebagai CEO Dorna.

Sementara itu sejak mengambil alih F1 pada 2017, Liberty Media sukses mengembangkan F1 ke penjuru dunia.

Kalender F1 juga berkembang di bawah kepemimpinan Liberty Media, dan kini mencakup balapan di Las Vegas, Miami, Jeddah, dan Doha.

Baca juga: Pasar Mobil Hybrid Mulai Ramai, Mercedes-Benz Buka Peluang

 CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta bersama Valentino RossiTwitter.com/YamahaMotoGP CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta bersama Valentino Rossi

Liberty Media juga paham menggunakan teknologi yang sesuai di zaman modern. Di mana ajang balap "jet darat" makin gencar melakukan eksposur di media sosial.

Financial Times melaporkan bahwa pendapatan Liberty Media pada 2023 sebesar 3,2 miliar dollar atau setara 50,8 triliun. Sedangkan laba operasional sebesar 392 juta dollar AS, meningkat 64 persen dari tahun 2022.

Sebaliknya, pendapatan Dorna Sport jauh lebih kecil daripada itu. Tahun lalu pendapat satu musim MotoGP adalah 483 juta Euro atau setara Rp 8,2 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com