Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis AC Mobil Sebelum Mudik biar Nyaman di Jalan

Kompas.com - 28/03/2024, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik pakai mobil pribadi harus mempersiapkan banyak hal biar perjalanan nyaman. Salah satu komponen penunjang kenyamanan selama perjalanan adalah AC.

Pastikan kondisi AC mobil prima sebelum berangkat. Jangan sampai ketika di tengah jalan, AC mobil malah rusak sehingga membuat kabin tidak nyaman.

Manajer Operasional Rotary Bintaro, Spesialis AC Kelvin Ong mengatakan, ada beberapa tanda kalau AC mobil sedang tidak baik-baik saja.

Baca juga: Servis Ringan AC Mobil Sebelum Dipakai Mudik, mulai Rp 200.000-an

Servis AC Toyota Camry Hybrid membutuhkan metode khusus namun lebih sederhana.AC Mobil Jogja/Dewa Servis AC Toyota Camry Hybrid membutuhkan metode khusus namun lebih sederhana.

"Pertama embusan angin mulai enggak berasa angin sama dinginnya. Jadi harus disetel ke kecepatan angin dua atau tiga, baru lumayan berasa," ucap Kelvin kepada Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Kemudian tanda kedua adalah saat AC mobil menyala, ada bunyi kasar. AC dingin tapi tiba-tiba panas juga jadi tanda kalau AC mobil perlu diservis.

"Indikator temperatur mesin naik atau jarumnya naik juga jadi tanda AC mobil sedang tidak baik," ucap Kelvin.

Baca juga: Mudik Pakai Honda Brio Satya, dengan BBM Full Tembus Berapa Kilometer?


Kondisi lain yang harus diperhatikan adalah AC mobil dingin tapi lama-lama hilang anginnya. Lalu, ada bau apak, asam, pesing, dan yang tidak sedap jadi tanda AC mobil harus diperbaiki.

"Terakhir kalau AC menyala, ada getaran di bagian dashboard," kata Kelvin.

Kalau mobil sudah ada tanda-tanda seperti itu, maka segera bawa ke bengkel servis AC untuk diperiksa. Jadi ketika dipakai mudik jadi nyaman, sekalipun sedang macet-macetan di siang hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com