Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Mulai Petakan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Purbaleunyi

Kompas.com - 19/03/2024, 19:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi mulai menyiapkan rekayasa lalu lintas di ruas Tol Purbaleunyi, Jawa Barat saat Lebaran 2024.

Langkah terkait dilakukan untuk menekan potensi kemacetan ketika musim mudik. Mengingat terdapat potensi lonjakkan mobilitas pada Hari Raya Lebaran tahun ini.

"Secara umum di ruas Purbaleunyi ada beberapa cara bertindak terkait rekayasa lalin, salah satunya, kanalisasi (pemisahan) pada simpang susun Pasteur," ucap Manajer Area Tol Purbaleunyi, Agus Pramono dalam keterangannya dikutip Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Operasi Keselamatan Selesai, 14.510 Orang di Jakarta Kena Tilang

Ilustrasi: Pantauan udara kepadatan arus mudik di ruas Tol Purbaleunyi di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/9/2010) pukul 11.23 WIB oleh tim Air Rescue PT Jasamarga dan Palang Merah Indonesia dengan helikopter jenis Bolco.   KOMPAS/RIZA FATHONI Ilustrasi: Pantauan udara kepadatan arus mudik di ruas Tol Purbaleunyi di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/9/2010) pukul 11.23 WIB oleh tim Air Rescue PT Jasamarga dan Palang Merah Indonesia dengan helikopter jenis Bolco.

Ia menjelaskan, sistem kanalisasi tersebut dapat berjalan efektif untuk memisahkan arus kendaraan agar tidak terjadi penumpukan di area Tol Purbaleunyi dari Pasteur maupun Cileunyi.

"Kemudian kita mempersiapkan top up E-Tol dengan mobil rider di Gerbang Tol Cileunyi dan Kalitama, sehingga saat transaksi lebih cepat," ucapnya.

"Soal contraflow, di Purbaleunyi ada tiga gerbang tol utama yaitu di Kalitama, Pauster dua, dan Cileunyi. Tetapi kita masih menunggu situasi kondisi diskresi kepolisian," lanjut Agus.

Selain itu, kata dia PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi akan mempersiapkan sumber daya manusia untuk ikut berjaga selama mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Catat Lokasi Buffer Zone di Merak-Bakauheni Saat Mudik Lebaran

Foto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Minggu (17/1/2021)ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Foto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Minggu (17/1/2021)

Dia memastikan, akan ada penambahan petugas untuk mempermudah transaksi di gerbang tol.

"Kita biasanya menambah jumlah petugas 60 untuk membantu transaksi dan ada beberapa petugas pengatur lalu lintas," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemeliharaan jalan hingga tanggal 20 Maret 2024. Ini juga dilakukan untuk kelancaran mudik lebaran mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com