Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Interkom Helm Motor di IIMS 2024, Mulai dari Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 24/02/2024, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Interkom menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan oleh pengendara motor untuk berkomunikasi. Alat ini biasanya disematkan pada bagian sisi kanan atau kiri helm.

Interkom kerap dimanfaatkan oleh pengemudi motor untuk berkomunikasi saat perjalanan touring. Pada ajang IIMS 2023, ada beberapa booth aksesori kendaraan roda dua yang menjual interkom dengan beragam harga dan merek. 

Baca juga: Ini 3 Motor Favorit di Area Test Ride IIMS 2024

Misalnya seperti interkom merek Parani tipe A20 yang dibanderol Rp1,395 juta. Merek tersebut menjadi interkom paling murah dan terjangkau dari lainnya. 

"Meski murah, tapi interkom ini sudah bisa disambungkan dengan empat pengguna. Hanya saja kalau di sambungkan dengan interkom merek lain akan agak lama koneksinya," kata salah satu staff RC Motogarage di IIMS 2024, Jumat (23/2/2024).

Interkom motor di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Interkom motor di IIMS 2024

Baca juga: Alasan Hyundai Pamerkan Mobil Seven Concept di IIMS 2024

Secara spesifikasi, Interkom Parani tipe A20 ini memiliki durasi baterai hingga 16 jam. Untuk menyambungkan komunikasi dengan sesama pengendara motor yang sama-sama menggunakan interkom mengandalkan bluetooth.

Merek lainnya ada dari Cardo Pactalk Spirit yang dibanderol dengan harga Rp 1,6 juta. Alat ini juga masih mengandalkan bluetooth untuk berkomunikasi sehingga apabila jarak sesama pengguna terlalu jauh, koneksi untuk berkomunikasi jadi tidak akan lancar. 

"Ada yang lebih mahal harganya sampai Rp 3 juta yakni Cardo Packtalk Edge dan Neo. Interkom ini tentunya lebih canggih lantaran tidak pake bluetooth melainkan teknolgi bernama dynamic mash communication. Teknologi bisa berfungsi tanpa internet dan tidak terbatas oleh jarak seperti bluetooth," kata staf di booth Deride kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2024). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com