Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Gigi Mobil Matik yang Benar Saat Lampu Merah, N, D atau P?

Kompas.com - 06/02/2024, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik dibuat untuk memudahkan pengemudi. Namun rupanya tidak sedikit masyarakat yang masih bingung cara pemakaian mobil matik saat di lampu merah.

Durasi lampu merah di kota besar biasanya tidak sebentar, bisa 60 sampai 120 detik. Belum lagi bila antrean mobil cukup padat, maka durasinya bisa lebih lama.

Baca juga: Airlangga Targetkan Penjualan Mobil Listrik 200.00 Unit Tahun Ini

Ilustrasi lampu merah.SHUTTERSTOCK Ilustrasi lampu merah.

Pengemudi kadang bingung apakah dalam kondisi tersebut posisi tuas persneling mesti D (maju), N (netral) atau di P (parkir).

Rivey, dari bengkel spesialis matik, Automatic 88, di Raden Inten, Jakarta Timur, mengatakan, tidak ada patokan khusus untuk mengunakan posisi N, D atau P, saat menunggu lampu merah.

"Senyamannya saja mau di D atau N. Tapi kalau kaki tidak kuat kan berisiko (jika di D), nah itu," ujar Rivey kepada Kompas.com, yang ditemui di bengkel belum lama ini.

Baca juga: Awas Macet, Ada Demo Apdesi di Depan Gedung DPR Hari Ini

Tombol relase button mobil matik untuk fitur keamananDicky Aditya Wijaya Tombol relase button mobil matik untuk fitur keamanan

"Kalaupun di D terus injak rem juga tidak apa-apa, bukan berarti merusak transmisinya matik. Tapi kalau (berhentinya) terlalu lama juga bisa N," ujar Rivey.

Namun ujar Rivey, sebaiknya ketika berhenti di lampu merah tuas matik di N. Karena kalau di P akan menyusahkan ketika lampu sudah berubah hijau sebab ada jeda dari perpindahan tuas transmisi.

Sebaliknya kalau tuas transmisi berada di posisi N maka pengemudi akan dengan mudah menggeser tuas transmisi ke D ketika lampu hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com