Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berkendara Volta 401 buat Harian, Nyaman dan Mumpuni

Kompas.com - 13/12/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volta 401 menjadi motor listrik yang menarik untuk dimiliki. Setelah dapat subsidi dari pemerintah, banderol dari Volta 401 jadi Rp 9,95 juta, dapat satu baterai yang diklaim bisa melaju 60 Km dari penuh.

Pada tulisan kali ini, kami akan membahas bagaimana sensasi berkendara Volta 401 untuk harian. Pertama dari posisi duduknya, sebenarnya sedikit kurang nyaman, terutama buat orang yang tingginya 170cm ke atas.

Pertama deknya sangat tinggi tapi posisi jok cukup rendah. Alhasil, posisi duduknya agak jongkok atau bokong sedikit lebih rendah dari lutut. Posisi tangan tapi cukup rileks, jadi bisa manuver dengan leluasa.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Volta 401, Bisa Diandalkan buat Harian

Volta 401KOMPAS.com/ADITYO Volta 401

Selain itu, dek dari Volta 401 ini relatif lega, posisi kaki bisa menyesuaikan, kompromi dari posisi duduknya yang kurang nyaman. Sebenarnya kami rasa cukup pegal di tulang belakang saat berkendara lebih dari setengah jam.

Kemudian soal performa, Volta 401 memakai dinamo dengan tenaga 1.500 Watt yang sebenarnya sangat cukup buat harian. Tersedia tiga mode berkendara, 1, 2, dan 3 yang cuma membatasi kecepatannya, paling cepat bisa 60 Kpj.

Soal respons gas, sangat responsif buat dipakai harian, cuma kecepatan puncaknya yang tidak terlalu tinggi. Karakter dinamonya adalah dia akan mati saat tuas rem ditarik, jadi perlu adaptasi kalau biasanya pakai skutik konvensional.

Baca juga: Kemungkinan Motor Listrik Yamaha Neo’s Masuk Indonesia


Bicara tentang handling, Volta 401 terbilang masih nyaman buat dibawa selap-selip di kemacetan. Dimensinya yang tidak beda jauh dengan Vario 160 sangat mumpuni melibas jalanan yang ramai.

Sektor kaki-kaki bisa kami kasih jempol, bantingannya nyaman buat berkendara sendiri, tidak keras. Kalau boncengan, kemungkinan bisa lebih empuk lagi dengan adanya tambahan beban di belakang.

Apa yang kurang kami suka dari Volta 401 ini adalah kapasitas bagasinya yang terbatas. Memang tersedia dua slot baterai, kalau cuma bawa satu baterai, maka tersisa ruang yang cukup lega, bisa bawa jas hujan yang bagus, bukan plastik.

Volta 401KOMPAS.com/FATHAN Volta 401

Lalu, Volta 401 ini dengan spesifikasi baterai 64V 21Ah atau 1,3 kWh bisa menempuh jarak 60 Km. Sebenarnya cukup mumpuni buat dipakai harian, apalagi kalau langganan Sistem Ganti Baterai (SGB) Volta, tinggal tukar saja baterainya saat mau habis dengan yang baru.

Cuma kendala dari langganan SGB adalah baterai yang diambil dari laci tempat penukaran kondisinya bisa beragam. Bahkan kami sempat dapat baterai yang kurang baik kondisinya, indikator di speedometer tidak membaca kapasitasnya berapa persen lagi tenaga tersisa.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Volta 401, Bisa Diandalkan buat Harian

Volta 401KOMPAS.com/ADITYO Volta 401

Soal konsumsi daya, Volta 401 saat kami bawa jalan sekitar 8,6 Km dan sendirian cuma mengurangi 15 persen dari penuh. Berarti kalau gaya berkendaranya sama, maka motor bisa melaju sejauh 50 Km sampai 60 Km, sesuai dengan klaim Volta.

Jadi soal rasa berkendara, Volta 401 bisa dipertimbangkan buat motor listrik yang dipakai harian. Kemampuan performanya mumpuni, soal baterai pun tidak usah khawatir, banyak tempat penukaran baterai di seluruh Jakarta, tinggal ganti saat mau habis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com