Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi dan Fitur Volta 401, Bisa Diandalkan buat Harian

Kompas.com - 12/12/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com sedang mengetes motor listrik dengan harga di bawah Rp 10 juta, yakni Volta 401. Setelah mendapatkan subsidi, motor listrik buatan Indonesia ini dibanderol Rp 9,95 juta.

Soal tampilan, Volta 401 ini memang mirip dengan skuter matik kebanyakan. Desainnya agresif, ada tarikan-tarikan garis yang tajam serta dimensi yang cukup ringkas.

Lebih detail, Volta 401 punya panjang 1.920mm, lebar 680mm, dan tinggi 1.100mm. Kalau dibandingkan dengan skutik biasa, contoh Honda Vario 160, Volta 401 ukurannya hampir sama.

Baca juga: Ulas Desain Volta 401, Motor Listrik Rp 9 Jutaan


Spesifikasi yang penting tentu adalah kapasitas baterai dan juga jarak tempuh. Volta 401 yang reguler memakai baterai lithium 64V 21Ah, jarak tempuh dari baterai penuh adalah 60 Km, tapi tersedia dua slot baterai di bagasi, jadi bisa menempuh 120 Km.

Untuk dinamo, Volta 401 pakai model hub alias di roda belakang. Kekuatannya mencapai 1.500 Watt dan punya kecepatan puncak 60 Kpj, masih cukup buat pakai harian, bukan untuk kebut-kebutan.

Pada bagian lampu-lampu, semuanya sudah LED, bahkan ada lampu senja di bagian bawah lampu utama. Soal kaki-kaki, suspensi depan teleskopik, yang belakang model shockbaker ganda.

Baca juga: Korlantas Siapkan 3 Strategi Pengaturan Lalu Lintas Saat Libur Nataru

Volta 401KOMPAS.com/fathan Volta 401

Ukuran ban depan dan belakang sama, 12 inci jadi tidak terlalu kecil. Selain itu, Volta 401 punya daya angkut yang kuat, diklaim bisa mencapai 200 Kg.

Soal fitur, bisa dibilang Volta 401 sangat sederhana, paling ada colokan USB di depan. Kemudian tersedia tiga pilihan mode berkendara yang membatasi kecepatan serta tombol untuk mundur.

Selain itu, seperti kebanyakan motor listrik, Volta sudah dilengkapi dengan remot dan bisa dipakai untuk menyalakan, alias keyless. Remot tadi juga sudah dilengkapi dengan alarm, sehingga kalau tersenggol saat parkir, akan mengeluarkan suara bising.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com