Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mobil Listrik Mungil Suzuki eWX

Kompas.com - 27/10/2023, 09:22 WIB
Agung Kurniawan

Editor

TOKYO, KOMPAS.com – Salah satu produk yang mencuri perhatian dari booth Suzuki di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023 adalah kehadiran mobil konsep eWX. Mobil mungil yang diprediksi bakal menjadi calon mobil listrik murah.

Melihat tampilannya, Suzuki eWX diwujudkan sebagai Kei Car atau mobil dengan regulasi khusus berukuran mungil yang sangat populer di Jepang.

Desain Suzuki eWX pun dirancang ringkas dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.620 mm.

Dengan ukuran yang mungil itu mobil ini diklaim bisa menempuh jarak sejauh 230 Km dalam sekali pengisian baterai penuh.

Suzuki bahkan menyatakan bahwa mobil konsep eWX merupakan hasil persilangan kei car Wagon yang praktis dengan karakter mobil listrik yang futuristis.

Baca juga: Minat Suzuki Burgman Street 125 EX, Cek Skema Kreditnya

Mobil konsep Suzuki eWX adalah calon kei car listrik yang siap meluncur di pasar domestik Jepang.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Mobil konsep Suzuki eWX adalah calon kei car listrik yang siap meluncur di pasar domestik Jepang.

“Mengekspresikan kehadiran seperti sahabat yang menunjang keseharian masyarakat,” kata Toshihiro Suzuki, Director and President Suzuki Motor Corporation, di Tokyo, Rabu (25/10/2023).

“Dengan bentuk bodi EV yang bersih dan simpel, eksterior yang berkarakter ramah, serta ruang kabin yang ringan dan ramah pengguna sehingga membuat masyarakat betah,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa media otomotif India bahkan menyebut mobil ini merupakan kelanjutan dari rencana Maruti Suzuki yang akan meluncurkan WagonR EV pada 2020.

Akan tetapi, rencana ini tertunda karena terkendala pandemi covid-19. Meski begitu, Maruti Suzuki beberapa kali kedapatan menguji calon mobil listrik baru mereka ini di India.
Kalau sudah dipasarkan, maka kei car listrik ini akan bersaing dengan Nissan Sakura dan Mitsubizhi eK X EV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com