Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Panas, Pengendara Motor Dianjurkan Pakai Jaket Jenis Ini

Kompas.com - 08/10/2023, 15:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas Jakarta masih menjadi momok bagi masyarakat, beberapa wilayah bahkan mencatatkan suhu di atas 35 derajat celcius.

Menyikapi hal ini, ada anjuran bermanfaat untuk pengendara motor dari dokter, soal jaket jenis apa yang sangat cocok dipakai saat cuaca panas.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Eka Indra, menganjurkan pengendara motor untuk menggunakan jaket motor dengan model jaring dan memiliki banyak rongga.

“Ada beberapa jaket yang modelnya jaring, ini bagus dipakai saat cuaca panas. Soalnya kulit tetap tertutup tapi enggak dehidrasi, soalnya sirkulasi udara tetap baik,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Ini Alasan Motor Dilarang Masuk Jalan Tol di Indonesia

Jaket MotorKOMPAS.com/Gilang Jaket Motor

Menurut Indra, cuaca panas dan terik memang tidak bisa dilawan. Jadi satu-satunya solusi yang bisa dilakukan pengendara adalah memperbanyak titik sirkulasi.

“Pastinya jangan pakai jaket yang tertutup, malah dehidrasi dan bisa-bisa heat stroke nanti,” kata dia.

Pemaparan lebih rinci disampaikan oleh Jovand, Sales Head RCW Dainese Indonesia. Dia membenarkan jika jaket model jaring memang cocok digunakan saat cuaca panas.

“Namanya mesh jacket, memang cocok kalau cuaca panas. Biar badan tetap adem-adem,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (6/10/2023).

Baca juga: Ini Kendaraan yang Pasti Lolos Tilang Uji Emisi

Bukti motor listrik konversi sudah lolos uji tipe, memiliki pelat nomor biruKompas.com/Daafa Alhaqqy Bukti motor listrik konversi sudah lolos uji tipe, memiliki pelat nomor biru

Jovand menambahkan, Mesh jacket juga punya plus dan minus yang harus duperhatikan. Positifnya, harga jaket ini cenderung murah dan tidak mahal.

Namun negatifnya, jaket ini kurang fleksibel karena tidak cocok digunakan saat malam hari. Banyaknya rongga membuat insulasi kurang baik.

“Kalau dipakai waktu malam, bakal kedinginan. Bisa-bisa malah masuk angin,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com