Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rangga Concept Jadi Kendaraan Khusus Toilet Difabel

Kompas.com - 03/10/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Rangga Concept melakukan debut pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pada Agustus 2023 lalu.

Mobil ini merupakan kendaraan niaga serbaguna masa depan yang dapat dikonversi dan modifikasi sesuai kebutuhan, serta untuk mendukung mobilitas usaha yang semakin beragam.

Secara tampilan, Rangga memang cukup menarik dibandingkan dengan pikap yang ada di Indonesia. Toyota sepertinya mengembalikan mobil niaga yang punya kap mesin, tidak pesek seperti Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, bahkan Isuzu Traga dan Mitsubishi L300.

Baca juga: Cara Merawat Ban, Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Meski belum meluncur secara resmi, kemunculan Rangga mengunggah kalangan Digital Modification (Digimod) untuk unjuk gigi mengkreasikan pikap single cabin dari Toyota ini.

Seperti yang dihadirkan oleh pria bernama Bayu Hari Wibisono. Bayu menciptakan karya digital Toyota Rangga dengan konsep toilet difabel. Karya ini membawanya masuk ke dalam nominasi 15 besar Rangga Concept Digital Modification Contest yang diadakan oleh PT Toyota Astra Motor.

“Untuk ide, tergerak ketika melakukan aktivitas yang berada di luar gedung, outdoor, atau event yang sangat jarang sekali ditemukan adanya toilet khusus bagi kaum disabilitas, bahkan toilet portable pun terbilang jarang ditambah dengan tingkat kebersihan yang kurang,” ucap Bayu, kepada Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

Modifikasi digital Toyota Rangga Conceptinstagram.com/bayuhariw Modifikasi digital Toyota Rangga Concept

Secara tampilan, fascia depan masih mempertahankan ciri khas Toyota Rangga dengan bentuk lampu yang mengotak, serta grill yang dilengkapi dengan huruf ’TOYOTA’. Hanya saja sang modifikator menambah fog light dan juga pelindung radiator pada bagian bumper.

“Secara visual pada bagian eksterior ubahan dilakukan pada bagian bumper dengan menyematkan fog light dan juga radiator guard pada bagian tengah bumper. Untuk mendukung pencahayaan pada malam hari, headlight juga di upgrade menggunakan LED projector dan DRL,” kata Bayu.

Sementara di bagian kaki-kaki, Bayu menyematkan ban tipe A/T berukuran 235/70 R16 yang dikombinasikan dengan pelek aftermarket.

Baca juga: Harga Double Cabin Bekas per Oktober 2023, Ranger mulai Rp 42 Jutaan

Pada bagian belakang, pria asal Bogor ini membuat body karoseri khusus untuk menciptakan toilet difabel. Bayu juga menggunakan teknologi lift gate sehingga para kaum difabel tidak kesulitan saat masuk dan keluar dari toilet.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bayu H. Wibisono (@bayuhariw)

“Saya juga menghadirkan teknologi lift gate sehingga tidak perlu repot menaikkan kursi roda, karena sistemnya sudah otomatis bisa menaikkan kursi roda melalui pintu belakang kendaraan,” ucap Bayu.

Konsep Toyota Rangga yang dihadirkan oleh Bayu begitu kreatif dan jika benar direalisasikan tentu bisa memberikan pelayanan yang berguna bagi masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com