Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pereli Siap Panaskan Kejurnas South Borneo Rally 2023

Kompas.com - 05/08/2023, 11:44 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TAPIN, KOMPAS.com - Kejuaraan Nasional Rally putaran kedua dengan tajuk South Borneo Rally 2023 yang berlangsung pada 4-6 Agustus 2023 di Tapin, Kalimantan Selatan, menjadi arena baru bagi para pereli nasional dalam memperebutkan poin kejuaraan.

Kembalinya gelaran Kejurnas Rally di tanah Kalimantan ini sekaligus menandai eksistensinya di mana terakhir kali event rally ini digelar di Binuang pada 2013.

Ajang South Borneo Rally mengharuskan setiap pereli untuk menaklukan setiap rintangan yang diberikan. Lintasan beragam ini terdiri dari tanah, medan berbatu, sampai aspal, menjadi santapan yang harus dinikmati oleh pereli nasional.

Baca juga: Detail Spesifikasi Mobil Reli Mitsubishi All-New Triton di AXCR 2023

Salah satu peserta South Borneo Rally 2023 sedang beraksi di arena baru.IST Salah satu peserta South Borneo Rally 2023 sedang beraksi di arena baru.

H. M. Prayudha, Ketua Penyelenggara South Borneo Rally 2023, mengatakan melalui rangkaian event ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif tidak hanya untuk kalangan pereli, tetapi juga kepada masyarakat.

“Kejurnas Rally 2023 ini akan berkesinambungan serta menjadi ajang Promosi Potensi Daerah dan memberikan peningkatan positif bagi perekonomian Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya dan juga dalam pengembangan prestasi olahraga otomotif pada tahun-tahun mendatang,” jelas Prayudha.

Puluhan mobil rally berspesifikasi tinggi telah didatangkan untuk mengikuti rangkaian tersebut. Sebut saja Hyundai i20 WRC2, Ford R5, Skoda Fabia R5, Citroen C3 WRC2, dan Toyota GR Yaris AP4 serta beberapa mobil rally lainnya telah dipersiapkan dengan matang agar bisa menampilkan performa terbaiknya.

Baca juga: Transformasi Digital Toyota Yaris Cross Bergaya Reli

Peserta reli sedang melakukan start di South Borneo Rally 2023IST Peserta reli sedang melakukan start di South Borneo Rally 2023

Salah satu pereli yang tampil dan bertindak sebagai tuan rumah, H Prayoga dari tim HRVRT BMB, menjelaskan sebagai Putra Daerah, ia ingin memberikan hasil yang terbaik pada laga ini memberikan kado spesial kepada masyarakat setempat.

“Sebagai pereli tuan rumah, kami ingin memberikan yang terbaik. Segala persiapan telah dilakukan, baik dari mobil, serta beberapa hal pendukung lainnya. Semoga nanti kami bisa meraih kemenangan dan menjaga kandang kami tetap milik kami,” tambah Prayoga, di sela-sela konferensi pers di Kantor Bupati Tapin, Kalimantan Selatan, Jumat (4/8/2023).

Keseluruhan jarak yang bakal dilakoni oleh pereli nasional dalam putaran kedua ini menempuh 321,15 kilometer terbagi menjadi 13 Special Stage (SS) dan diselenggarakan di beberapa kawasan seperti Rantau Baru, Kampil, Rantau Bakula, Batu Belawang, dan Pulau Pinang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com