Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2023, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP seri kesembilan akan berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (6/8/2023). Akhirnya balapan kembali berlangsung setelah libur beberapa minggu.

Pada hari pertama rangkaian MotoGP Inggris, berlangsung sesi Free Practice 1 (FP1) dan Practice. Bedanya, mulai MotoGP Inggris cuma catatan waktu 10 pebalap tercepat di sesi Practice yang jadi perhitungan untuk lolos Q2 atau kualifikasi.

Jadi selama sesi FP1 bisa dibilang jadi momen yang pas buat cari setelan motor yang pas untuk Sprint Race maupun balap di hari Minggu. Begitu juga untuk sesi FP2 di Sabtu, catatan waktunya tidak akan memengaruhi penentuan kualifikasi.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Inggris 2023, Bezzecchi Tercepat

Pebalap Pramac Racing Jorge Martin saat tampil pada MotoGP Italia 2023, 9 Juni lalu. Terkini, Jorge Martin berhasil meraih kemenangan pada sesi Sprint Race MotoGP Jerman 2023 di Siruit Sachsenring, Sabtu (17/6/2023) malam WIB.AFp/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Pramac Racing Jorge Martin saat tampil pada MotoGP Italia 2023, 9 Juni lalu. Terkini, Jorge Martin berhasil meraih kemenangan pada sesi Sprint Race MotoGP Jerman 2023 di Siruit Sachsenring, Sabtu (17/6/2023) malam WIB.

Pada Jumat, di sesi FP1, duo pebalap Mooney VR46 yakni Marco Bezecchi dan Luca Marini mengisi posisi pertama dan kedua. Sedangkan ketiga diisi Jorge Martin dari Pramac Racing.

Cuma cerita yang berbeda berlangsung di sesi Practice. Aleix Espargaro dari Aprilia Racing jadi yang tercepat. Kemudian posisi kedua diisi Martin dan ketiga ada Brad Binder dari Red Bull KTM.

Secara urut, posisi keempat ada Maverick Vinales (Aprilia Racing), Johann Zarco, Francesco Bagnaia, Bezzecchi, Jack Miller, Marini, Alex Marquez menutup posisi 10 besar. Lalu, 10 pebalap ini langsung lanjut ke sesi Q2.

Baca juga: Cara Cegah Kendaraan Diambil Leasing Saat Kredit Macet


Sedangkan ada beberapa pebalap jagoan yang gagal masuk Q2 karena catatan waktunya yang kurang baik saat sesi Practice. Pebalap yang harus berjuang lebih dulu di Q1 seperti Fabio Quartararo, Franco Morbidell, Marc Marquez, dan lain-lain.

Pada Sabtu, untuk MotoGP akan diisi dengan sesi FP2, Kualifikasi, dan Sprint Race. Sedangkan di hari Minggu, ada warm-up dan balapan.

Berikut jadwal lengkap MotoGP Inggris 2023:

Sabtu (5/8/2023)

- 16.10 WIB- 16.40 WIB : FP2
- 16.50 WIB - 17.05 WIB : Q1 MotoGP
- 17.15 WIB - 17.30 WIB : Q2 MotoGP
- 21.00 WIB Sprint Race

Minggu (6/8/2023)

- 15.45 WIB - 15.55 WIB : Warm Up MotoGP
- 19.00 WIB Race MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com