Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Sukses Raih Podium Ganda pada MotoGP Perancis 2024

Kompas.com - 14/05/2024, 18:25 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez berhasil meraih targetnya pada MotoGP Perancis 2024 di Sirkuit Le Mans dengan mendapatkan podium ganda. Hanya tinggal masalah waktu sampai Marc meraih kemenangan pertamanya di musim ini.

Mengandalkan Ducati Desmosedici GP23, Marc mampu bersaing di lap terakhir untuk menggeser pebalap pabrikan demi perebutan posisi kedua. Podium dua yang diraih Marc menjadi persembahan balapan ke-1.000 Gresini Racing MotoGP.

Baca juga: MotoGP India Terancam Dibatalkan, Diganti MotoGP Kazakhstan

Dengan podium tersebut, sekaligus menempatkan pebalap Juara Dunia 8 kali ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2024. Saat ini, Marc sudah mengoleksi 89 poin.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

Marc mengatakan, ini adalah awal yang sangat baik, meski tidak sebaik balapan sebelumnya. Ada lebih banyak waktu saat balapan untuk melakukan comeback dan kecepatannya cukup kuat.

"Saya kehilangan sedikit waktu sebelumnya, yang tentunya tidak mudah untuk dilewati. Kemudian, ketika saya mengejar ketertinggalan, saya berharap kesempatan terakhir untuk menyerang, dan saya makin nyaman dengan memiliki sesuatu yang lebih pada saat lap terakhir, jadi saya bertaruh, dan itu berhasil,” ujar Marc, dalam keterangan resminya, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Perancis 2024: Martin Teratas, Marquez Ketiga

Sedankan Alex Marquez, berhasil menyelesaikan balapan utama dengan finis di posisi kesepuluh. Alex mengaku sudah tampil maksimal, tapi sayangnya masih banyak yang perlu ditingkatkan.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

“Kecepatan saya bagus dan mempertimbangkan posisi awal saya, kami menyelamatkan hari Minggu kami. Tidak sekadar bisa berpuas diri, namun kini kami menatap Barcelona dengan gambaran jelas tentang apa yang perlu kami perbaiki, agar tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti yang kami lakukan di awal akhir pekan ini. Tentu saja tujuannya berbeda, tetapi kami mengambil semua hal positif yang kami dapat dari akhir pekan ini,” kata Alex.

Alex sekarang berada di peringkat kesebelas pada klasemen sementara MotoGP 2024 dengan total 33 poin. Masih banyak seri-seri yang menanti dirinya dengan peluang meraih podium yang lebih baik.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

Rommy Averdy Saat, Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, dukungan penuh Federal Oil kepada Tim Gresini Racing MotoGP di balapan kelas dunia ini mulai menunjukkan peningkatan performa dan prestasi yang signifikan setelah bergabungnya Marc Marquez.

"Pengalaman dan talenta Marc Marquez sudah tidak perlu diragukan lagi, karena sangat kompetitif mengandalkan Ducati Desmosedici GP23 meski memulai balapan dari posisi ke-13, namun berhasil mengamankan podium kedua di akhir balapan,” ujar Rommy.

Gresini Racing saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024Dok. Gresini Racing Gresini Racing saat berlaga pada MotoGP Perancis 2024

Saat ini, Gresini Racing sudah 449 kali balapan di kelas MotoGP, 29 di antaranya saat era 500 cc. Kemudian, 320 start di kelas Moto2, 64 di antaranya saat era 250 cc. Lalu, 177 start di kelas Moto3 dan 54 start di kelas MotoE.

Total sudah ada 5 gelar juara dunia, 73 kemenangan, dan 220 podium, yang diraih oleh Gresini Racing bersama para pebalapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com