Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bantuan Gratis dari Satpas, Khusus yang Sering Gagal Ujian SIM

Kompas.com - 05/08/2023, 08:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersamaan dengan diterapkannya kurikulum baru untuk ujian praktik SIM C, Korlantas Polri menyebut akan memberikan bantuan khusus, bagi peserta yang kesulitan lulus.

Bila ditemukan ada peserta yang berulang kali gagal mengikuti ujian SIM C, akan diarahkan ke sekolah mengemudi terdekat di area sekitar Satpas agar mendapatkan pelatihan intensif, sebelum melakukan remedial.

Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kepala Korlantas Polri. Dia mengatakan, pihak Korlantas akan berkoordinasi dengan beberapa sekolah mengemudi terkait pelayanan khusus ini.

Baca juga: Impresi Jajal Ujian Praktik SIM C Baru, Pola Angka 8 Diganti S

Sejumlah warga mengikuti ujian praktek SIM di Satpas Colombo, Surabaya, Jumat (4/8/2023).KOMPAS.com/GHINAN SALMAN Sejumlah warga mengikuti ujian praktek SIM di Satpas Colombo, Surabaya, Jumat (4/8/2023).

“Kami (korlantas) akan mendorong sekolah mengemudi yang ada di wilayah yang memiliki lokasi cukup bisa bekerja sama, untuk memberikan masyarakat pelatihan,” ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Selain rujukan ke sekolah mengemudi, Firman juga mengimbau seluruh anggota Satpas yang bertugas untuk selalu memberikan edukasi dan pelatihan bagi para peserta ujian SIM.

“Kita mendorong satuan (Satpas) nanti bukan hanya melatih masyarakat saat ujian, tapi juga pada waktu-waktu lain. Nanti saya akan membuat arahan kepada jajaran supaya diadakan latihan khusus, sebelum ujian,” ujar Firman.

Baca juga: Ini Daftar Motor yang Dipakai Ujian Praktik SIM Terbaru

Sirkuit Ujian Praktik SIM C terbaru, tidak ada lagi pola Zig-zag dan angka 8Kompas.com/Daafa Alhaqqy Sirkuit Ujian Praktik SIM C terbaru, tidak ada lagi pola Zig-zag dan angka 8

Selaras dengan arahan tersebut Brigjen Pol Yusri Yunus, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri menjelaskan, akan disiapkan latihan gratis bernama ‘kucing keliling’.

Latihan tersebut akan diadakan setiap hari di seluruh Satpas, dan terbuka bagi seluruh masyarakat yang hendak melakukan latihan jelang ujian praktik SIM.

“Bahkan (terbuka hari) Sabtu Minggu kalau sudah selesai pelatihan, silahkan. Kita buka untuk masyakarat lakukan latihan ‘kucing keliling’ gratis,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com