Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindahan Pabrik UD Trucks dari Thailand ke Indonesia, Isuzu Investasi 2 Juta Dollar AS

Kompas.com - 09/06/2023, 14:53 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut bahwa proses pemindahan pabrik kendaraan berat jenis truk merek UD Trucks dari Thailand ke Indonesia oleh Isuzu Motors Ltd, bakal menambah investasi sebesar 2 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 29 miliar.

Pemindahan fasilitas tersebut, akan dilakukan dalam waktu dekat sehingga pada tahun depan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen pemegang merek Isuzu di dalam negeri bisa memulai kegiatan produksi.

"Jadi di sini, IAMI akan meng-assemble UD Trucks di Isuzu Karawang Plant mulai 2024. Nilai investasinya 2 juta dollar AS," kata Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam konferensi terbatas di kantornya, Jumat (9/6/2023).

Baca juga: Pernyataan Menperin Soal Pemindahan Pabrik Isuzu dari Thailand ke Indonesia

Pabrik Perakitan UD Trucks Pertama di IndonesiaAditya Maulana - KompasOtomotif Pabrik Perakitan UD Trucks Pertama di Indonesia

Dana itu, kata Agus lagi, tidak digunakan sebagai pembuatan pabrik baru. Tetapi pihak Isuzu Indonesia akan menambah lini produksi pada fasilitas pabriknya yang lokasi di Karawang, Jawa Barat.

Mengingat, saat ini tingkat utilisasi pabrik Isuzu Indonesia baru 85 persen dengan total volume produksi 44.694 unit (2022). Sehingga masih cukup agar menambah produksi jenis kendaraan lain.

"Mereka tidak buka lahan baru, tambah dari line-up produksi. Ini sudah cukup ya, karena bisa sekaligus menambah tenaga kerja 100-150 jiwa khusus produksi UD Trucks," ucap Agus.

"Untuk awal, UD Trucks akan produksi di 2024 dengan volume 1.600 unit. Angka ini akan terus bertambah setiap tahun," lanjut dia.

Dalam kesempatan sama, Agus juga menegaskan bahwa pemindahan pabrik truk Isuzu dari Thailand ke Indonesia hanyalah sebagian, yaitu UD Trucks saja.

Baca juga: Isuzu Bakal Pindahkan Pabrik dari Thailand ke Indonesia

Tim mekanik dari Astra Internasional jadi finailis dalam Gemba Challenge, kompetisi global para mekanik UD Trucks, yang diselengarakan di Ageo, di luar Tokyo, Jepang, pada 18 November 2014. Tim mekanik dari Afrika Selatan keluar sebagai juara dalam kompetisi ini. Egi/Kompas.com Tim mekanik dari Astra Internasional jadi finailis dalam Gemba Challenge, kompetisi global para mekanik UD Trucks, yang diselengarakan di Ageo, di luar Tokyo, Jepang, pada 18 November 2014. Tim mekanik dari Afrika Selatan keluar sebagai juara dalam kompetisi ini.

UD Truck sendiri merupakan anggota dari Isuzu Group yang fokus pada kendaraan berat jenis truk mulai April 2021.

"Yang dipindahkan itu, fasilitas produksi khusus untuk UD Truck dari Thailand ke Indonesia. UD Truck ini satu bagian dari merek Isuzu. Saya tidak tahu bagaimana, kemarin ada dinamika seolah-olah yang jadi kesepakatan dengan Isuzu itu ialah memindahkan seluruh dari fasilitasnya di Thailand ke sini," ucap dia.

Artinya, pabrik Isuzu di Thailand masih akan beroperasi. Hanya saja fasilitas khusus UD Truck akan dipindahkan ke Indonesia di bawah naungan IAMI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com