Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernyataan Menperin Soal Pemindahan Pabrik Isuzu dari Thailand ke Indonesia

Kompas.com - 09/06/2023, 11:17 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, pemindahan fasilitas pabrik truk Isuzu dari Thailand ke Indonesia pada tahun depan hanyalah sebagian.

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada tahun 2019.

UD Truck sendiri merupakan anggota dari Isuzu Group yang fokus pada kendaraan berat jenis truk mulai April 2021.

Baca juga: Isuzu Bakal Pindahkan Pabrik dari Thailand ke Indonesia

Astra UD Truck Bagikan 1.000 paket Astra UD Truck Astra UD Truck Bagikan 1.000 paket

"Pagi ini saya ingin sampaikan penjelasan berkitan dengan isu berkembang yang kini cukup ramai kemarin, hasil kunjungan saya ke Jepang," kata Agus ketika membuka konferensi terbatas di kantornya, Jumat (9/6/2023).

"Dalam pernyataan saya jelas bahwa yang dipindahkan itu, fasilitas produksi khusus untuk UD Truck dari Thailand ke Indonesia. UD Truck ini satu bagian dari merek Isuzu," jelasnya.

"Saya tidak tahu bagaimana, ada dinamika seolah-olah yang jadi kesepakatan dengan Isuzu itu ialah memindahkan seluruh dari fasilitasnya di Thailand ke sini," lanjut dia sembari memutar bukti percakapan bersama Isuzu Motor Ltd.

Artinya, pabrik Isuzu di Thailand masih akan beroperasi. Hanya saja fasilitas khusus UD Truck akan dipindahkan ke Indonesia di bawah naungan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Di Indonesia, pabrik Isuzu berlokasi di Karawang, Jawa Barat dengan tingkat utilisasi 85 persen. Tahun lalu, jumlah produski yang bisa dihasilkan mencapai 44.694 unit.

Baca juga: Jangan Abaikan Keselamatan Saat Naik Sepeda Listrik

Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka cuplikan rekaman hasil kunjungan kerja bersama pihak Isuzu di Jepang.KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka cuplikan rekaman hasil kunjungan kerja bersama pihak Isuzu di Jepang.

"Nanti (ketika masuk UD Truck), mereka memakai line production yang ada di pabrik Isuzu Indonesia karena masih muat. Produksi dimulai pada 2024," kata Agus.

Sebelumnya, dilansir dari Reuters pada Kamis (8/6/2023), pihak Isuzu Jepang membantah pernyataan Kementerian Perindustrian RI soal rencana pemindahan pabrik dari Thailand ke Indonesia.  

Saat ini, perseroan memastikan masih bakal melakukan aktivitas produksi walau diakui jika Indonesia merupakan salah satu pasar penting dari Isuzu.

Usai beredarnya pernyataan kepindahan pabrik itu, saham beberapa perusahaan suku cadang otomotif di Thailand dijual secara besar-besaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com