Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Beroperasi, Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Sudah Uji Laik Fungsi

Kompas.com - 09/06/2023, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Akses jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) siap beroperasi tak lama lagi. Hal ini seiring dengan rampungnya uji laik fungsi yang selesai dilakukan pada Kamis (8/6/2023) kemarin.

Dilansir dari Instagram @pupr_jalan_dkijabar (8/6/2023), uji laik fungsi dilakukan di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6.

"Hallo Sobat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta–Jawa Barat. Kita cek video pelaksanan Uji Laik Fungsi di tol Cisumdawu Seksi 4-6 dan Junction Dawuan yang pada tanggal 6-7 Juni 2023," tulis akun tersebut.

Baca juga: Rian Mahendra Rilis PO Mahendra Transport Ramaikan Persaingan Bus AKAP

Dalam video itu, Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, Brawijaya mengatakan, uji laik fungsi Tol Cisumdawu dilakukan untuk persiapan pembukaan yang dijadwalkan pada pertengahan Juni ini.

Brawijaya juga menjelaskan, pelaksanaan uji laik fungsi Tol Cisumdawu terbagi dalam tiga kelompok besar.

"Kelompok 1 terkait dengan keselamatan lalu lintas. Kemudian kelompok kedua mengenai infrastruktur, dan kelompok ketiga adalam tim administrasi," ucap Brawijaya.

Baca juga: Alasan Bengkel Ketok Magic Selalu Tertutup dan Pelanggan Tidak Boleh Melihat

Ia pun berharap, hasil dari uji laik fungsi tidak banyak perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan oleh BUJT dan kontraktor.

"Karena saya lihat juga sudah bagus dari hal keteknisan, namun kalapun ada (yang harus diperbaiki), masih ada waktu untuk melakukan perbaikan tersebut, sebelum dilakukan pembukaan dan operasional Tol Cisumdawu ini," kata dia.

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu Seksi 4 hingga Seksi 6 ini memiliki panjang 29,3 Km. Ruas tersebut bisa diakses dari Gerbang Tol Cimalaka hingga Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, ditambah Junction Dawuan.

Dengan tersambungnya Tol Cisumdawu, bagi pengendara dari Tol Trans Jawa yang ingin menuju Bandung dari arah Jawa Tengah atau arah sebaliknya, tidak perlu lagi memutar melewati Tol Cipularang.

Untuk diketahui, Junction Dawuan merupakan akses penghubung dari Tol Cisumdawu dengan Tol Cipali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com