Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2023, 15:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - James Barclay, Kepala Tim Balap Jaguar TCS Racing, memuji program elektrifikasi yang tengah dijalankan oleh pemerintah Indonesia.

Pria asal Inggris ini mengaku sudah mengetahui program itu sejak beberapa pekan yang lalu, tepatnya sebelum Formula E Jakarta digelar.

Menurut Barclay, pemberian insentif dan subsidi untuk kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) merupakan sikap bijak pemerintah, dan ini sangat dia apresiasi.

"Keputusan ini mungkin hanya berlaku di satu negara (Indonesia), tapi dampaknya bisa terasa untuk seluruh dunia," kata James kepada Kompas.com, Sabtu (3/6/2023).

Baca juga: Perkiraan Harga Ban Khusus Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Jaguar I-PaceDoc JLM Jaguar I-Pace

"Pemberlakuan program itu (insentif KLBB) pasti akan sangat bisa mengurangi jejak karbon, karena kendaraan listrik jadi semakin banyak," ucap dia.

James menambahkan, kualitas dan teknologi mobil listrik lansiran terbaru juga semakin baik. Pada akhirnya, konsumen juga pasti tergoda untuk membeli.

"Program bantuan pemerintah juga bisa menggoda banyak produsen untuk masuk dan menjual mobil listriknya di Indonesia. Jadi hal ini selain baik untuk lingkungan, baik pula untuk bisnis," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com