Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Corolla Cross di Amerika mengalami penarikan kembali atau recall. SUV tersebut juga dipasarkan di Indonesia, tapi aman dari recall.

Dikutip dari situs resmi Toyota, Jumat (2/6/2023), Corolla Cross yang dipasarkan di Amerika Utara mengalami cacat produksi. Tercatat ada sekitar 96.000 unit yang dipasarkan di Amerika dan 13.806 unit di Kanada.

Baca juga: Bodykit Buat Toyota Corolla Cross Hybrid biar Makin Ganteng

Disebutkan bahwa airbag untuk penumpang di baris depan bermasalah. Airbag tersebut kemungkinan tidak bisa mengembang selayaknya.

Toyota Corolla CrossRESPONSE.jp Toyota Corolla Cross

Untuk menghindari adanya korban saat terjadi kecelakaan, pihak yang berwajib dan Toyota memutuskan untuk melakukan recall terhadap Corolla Cross tahun produksi 2022-2023.

Toyota menyebutkan konsumen yang terdampak akan dipanggil untuk melakukan perbaikan di diler mulai akhir Juli 2023. Semua perbaikan tidak akan dipungut biaya.

Baca juga: Spesifikasi Corolla Cross Hybrid GR Sport, Sudah Bisa Dibeli di IIMS

Corolla Cross yang terdampak merupakan produksi Amerika. Selain itu, yang terdampak juga model non-hybrid. Sementara, Corolla Cross yang dipasarkan di Indonesia adalah mobil hybrid.

Test drive Toyota Corolla Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Test drive Toyota Corolla Cross Hybrid

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, sejauh pihaknya punya informasi saat ini produk di Indonesia tidak terlibat.

"Terkait jika ada recall untuk produk yang untuk pasar Indonesia, pasti kami informasikan ke masyarakat melalui berbagai channel termasuk diler dan melalui teman-teman media," ujar Anton, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com