Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bisa Kalahkan Thailand di Era Kendaraan Listrik

Kompas.com - 29/05/2023, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbedaan sumber daya alam membuat Indonesia memiliki potensi untuk bisa mengalahkan Thailand pada sektor otomotif di kawasan Asia Tenggara, ketika era elektrifikasi kendaraan bermotor dimulai.

Pasalnya saat ini, dalam hal produksi kendaraan Thailand selalu berada pada posisi teratas dengan rata-rata 1,7 juta per tahun. Padahal dari sisi penjualan, Tanah Air selalu mencatatkan angka tertinggi yaitu 1 juta unit tiap tahunnya.

Dikutip dari asia.nikkei.com pada Senin (29/5/2023), jika Indonesia mampu memanfaatkan potensi cadangan bahan baku kendaraan listrik melalui sumber daya alam yang tersedia yakni nikel, maka posisi pertama bakal direbut.

Baca juga: Situs Subsidi Motor Listrik, Bisa Cek Efisiensi dan Syarat Pembelian

Kendaraan listrik berbasis baterai saat tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, untuk digunakan dalam pengamanan KTT ASEANKompas.com/Nansianus Taris Kendaraan listrik berbasis baterai saat tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, untuk digunakan dalam pengamanan KTT ASEAN

Dengan modal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melobi para pemimpin dunia pada acara KTT G7 di Jepang untuk berinvestasi terkait electric vehicle (EV) di Indonesia.

Sebaliknya, berbeda dengan Indonesia yang gencar mempromosikan negara-nya untuk menggaet investasi kendaraan listrik. Thailand saat ini justru tengah sibuk membentuk pemerintahan baru.

Dugaan tersebut juga semakin kuat setelah melihat produksi mobil di Thailand terus mengalami penurunan sejak mencapai puncaknya, 2,45 juta unit selama periode 2013 menjadi 1,88 juta pada taun 2022 (turun 23 persen).

Penurunan itu dipicu oleh perpindahan produksi ke luar negeri, yang sebagian bersumber dari banjir besar di tahun 2010-an.

Sementara itu, produksi di Indonesia pada rentang waktu yang sama berhasil meningkat lebih dari 30 persen mencapai 1,47 juta unit alias mendekati angka 80 persen dari total produksi Thailand di 2022.

Baca juga: Teken MoU, BYD Jajaki Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Ilustrasi mobil listrik merek Hyundai yang dipamerkanDokumentasi Tim Komunikasi Lifepal Ilustrasi mobil listrik merek Hyundai yang dipamerkan

Dari sisi komitmen para produsen kendaraan bermotor, Hyundai dan SAIC-GM-Wuling China mulai memproduksi kendaraan listrik secara lokal di Indonesia.

Produsen mobil listrik terbesar di dunia, Tesla, pun dikatakan mulai mendekati pemerintah RI untuk membangun fasilitas perakitan.

Kemudian untuk melengkapi proses di hulu, LG Energy Solutions Korea Selatan sedang membangun pabrik baterai dengan Hyundai Motor, yang direncanakan mulai beroperasi pada 2024.

Tidak sampai di sana, CATL dari China juga berencana bisa membangun pabrik baru di Indonesia dengan produksi bahan baku dan prekursor diharapkan pada 2025.

Adapun, untuk memacu pertumbuhan populasi kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan pengurangan pajak pertambahan nilai (PPN) pada mobil dan bus listrik yang diproduksi dalam negeri.

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Terbaru, pemerintah mengumumkan bahwa Volkswagen (VW) juga sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam proyek produksi nikel Indonesia. Nantinya, produksi itu akan memasok baterai kendaraan listrik.

Sementara, industri otomotif Thailand yang dimulai pada era 1960-an, ketika pabrikan Jepang seperti Toyota mulai berproduksi di sana dan rantai pasokan yang terkonsentrasi di negara itu berkembang segera setelah itu.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com