Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Subsidi Motor Listrik, Bisa Cek Efisiensi dan Syarat Pembelian

Kompas.com - 29/05/2023, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan website www.pakaimolis.co.id untuk memudahkan masyarakat memperoleh segala informasi terkait motor dan mobil listrik (Molis).

Peluncuran situs web subsidi motor listrik sengaja dilakukan dalam rangka mengakselerasi adopsi massal kendaraan listrik di tanah air.

Dalam hal ini, PLN ditunjuk Kementerian BUMN untuk menyediakan website tentang perkembangan Molis lengkap dengan kalkulator penghematan untuk masyarakat yang ingin beralih ke Molis.

Baca juga: Video Ibu-ibu Ngamuk Anaknya Tak Lolos Ujian Praktik SIM C

Pengunjung mengamati Lelang motor listrik dan sepeda listrik di PEVS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung mengamati Lelang motor listrik dan sepeda listrik di PEVS 2023

“Cukup akses www.pakaimolis.co.id dari smartphone maupun laptop, masyarakat bisa langsung tahu semua info terkait pengembangan Molis,” ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dalam keterangan tertulis (28/5/2023).

“Dalam website juga ada fitur kalkulator penghematan untuk menghitung efisiensi beralih ke kendaraan listrik, juga fitur kuis singkat untuk membantu masyarakat memahami syarat-syarat bantuan Rp 7 juta untuk pembelian atau konversi Molis,” kata dia.

Darmawan juga menyebutkan berbagai keuntungan apabila masyarakat beralih menggunakan Molis, yang paling mencolok adalah penghematan biaya bahan bakar sampai 80 persen.

Baca juga: Momen Mobil Terjebak di Busway karena Truk Penyiram Taman

Karena Molis yang ada saat ini diklaim punya baterai lebih awet dan pengisiannya jauh lebih ekonomis.

“Jadi yang pertama pasti hemat hampir 80 persen, kemudian teknologi lebih modern, lebih ramah lingkungan, polusi suara dan udara bisa dikurangi,” ujar Darmawan.

“Selain itu, masyarakat juga dapat dukungan pemerintah melalui skema bantuan pembiayaan untuk beralih ke Molis ini,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com