Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Motor Listrik, Wajib Perhatikan Kondisi Jalan di Sekitar Rumah

Kompas.com - 29/05/2023, 13:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul maraknya program elektrifikasi yang dilakukan pemerintah dan adanya pemberian subsidi, banyak masyarakat yang berminat meminang kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), khususnya motor listrik.

Bagi konsumen yang hendak membeli motor listrik, sebaiknya tidak terlalu gegabah. Ada beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu, salah satunya kondisi jalan di sekitar rumah.

Didien, Technical Manager GoEasy Electric Motorcycle menjelaskan, kontur jalan dan area yang nantinya akan dilewati bisa sangat mempengaruhi umur motor listrik.

“Optimalnya, motor listrik dipakai di jalanan beraspal yang mulus, mungkin jalan perkotaan. Kalau jalannya penuh lubang atau belum ada aspal, ini beresiko,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Yamaha Sebut M1 Lambat Bukan Karena Faktor Pebalap Tes

Penggerak Hub-Drive pada motor listrik. Di dalamnya terdapat dinamo, magnet, dan koilKOMPAS.com/daafa Penggerak Hub-Drive pada motor listrik. Di dalamnya terdapat dinamo, magnet, dan koil

Hal itu berkenaan dengan penggerak hub-drive yang biasanya digunakan oleh motor listrik. Jenis ini menyimpan komponen penting seperti dinamo, kumparan, dan magnet pada roda belakang motor.

Inilah sebabnya mengapa roda belakang motor-motor listrik terlihat lebih tebal dan seolah memiliki penutup, karena di dalamnya ada penggerak.

“Kalau lewat jalan yang kurang rata, geronjalan, hub-drive motor bisa peyang. Kalau sudah rusak, biaya servisnya cukup mahal karena melibatkan satu komponen besar,” kata Didien.

Jika jalan di sekitar area rumah kurang bagus tapi konsumen masih ingin memiliki motor listrik, Didien menyarankan untuk mengambil jenis penggerak mid-drive.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Toyota Innova Reborn Diesel Boros BBM?

Pengunjung berburu motor listrik murah asal China di hari terakhir INAPA 2023KOMPAS.com/daafa Pengunjung berburu motor listrik murah asal China di hari terakhir INAPA 2023

Kinerja motor listrik mid-drive cukup serupa dengan motor konvensional, dimana komponen penting seperti penggerak dan controller ada di bagian tengah motor.

“Motor mid-drive biasanya pakai rantai atau belt, dan rodanya jenis spoke wheel. Jadi lebih kuat lewat jalan berlubang,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com