Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Mungkin Formula E 2024 Diadakan di Luar Jakarta?

Kompas.com - 27/05/2023, 12:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan Formula E Jakarta kembali digelar pada 3-4 Juni 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol dengan model double header dan akan menjadi balapan ke-10 dan ke-11 di musim ini.

Menyusul kesuksesan balap jet listrik Jakarta tahun lalu, di mana 60.000 tiket nonton terjual, ABB FIA selaku pemilik Formula E mengapresiasi antusiasme dan tingginya minat masyarakat Indonesia.

Alberto Longo, Co-Founder Formula E, memprediksi minat konsumen akan meningkat pesat di tahun ini karena kompetisi musim 2023 terbilang cukup sengit.

“Atmosfir pengunjung Jakarta (tahun lalu) sangat luar biasa, kami (Formula E) berharap bisa mengulangi atau bahkan melebihi pencapaian itu. Karena itulah kami mengadakan balapan ganda di tahun ini, supaya lebih banyak penunton yang bisa terlibat,” ucapnya dalam sesi wawancara virtual, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: Formula E Jakarta Punya Target 120.000 Tiket Penonton

Antrian penonton Formula E di tengah panas matahari pukul 13.00 WIB saat kunjungan singkat ke lokasi pit stop Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu (4/6/2022). KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Antrian penonton Formula E di tengah panas matahari pukul 13.00 WIB saat kunjungan singkat ke lokasi pit stop Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu (4/6/2022).

Pada kesempatan yang sama, Longo juga menjelaskan terkait mungkin atau tidaknya balapan Formula E Indonesia diadakan di kota selain Jakarta atau di dua kota yang berbeda dalam sesi terpisah.

Menurutnya, hal tersebut bisa saja dilakukan, namun tentu membutuhkan persiapan, pengawasan, serta survei data yang lengkap terlebih dahulu.

“Poin utamanya adalah, kami ingin balapan terjadi di ibu kota karena hal itu dianggap sangat representatif bagi negara,” ucapnya.

Jika faktor-faktor penentu seperti kondisi geografis dan ekonomi dari suatu kota telah terpenuhi, bukan tidak mungkin Formula E bisa digelar di sana.

Baca juga: Cari Posisi Terbaik untuk Nonton Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (keempat kiri), Ketua Formula E Jakarta Ahmad Sahroni (ketiga kiri), Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo (kelima kiri), Ketua IMI Bambang Soesatyo (kelima kanan), dan Direktur Utama JakPro Widi Amanasto (kiri) berfoto bersama para pebalap Formula E saat Meet and Greet Pebalap Formula E di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (2/6/2022). Ajang Jakarta E-Prix 2022 akan digelar pada Sabtu 4 Juli 2022.ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (keempat kiri), Ketua Formula E Jakarta Ahmad Sahroni (ketiga kiri), Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo (kelima kiri), Ketua IMI Bambang Soesatyo (kelima kanan), dan Direktur Utama JakPro Widi Amanasto (kiri) berfoto bersama para pebalap Formula E saat Meet and Greet Pebalap Formula E di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (2/6/2022). Ajang Jakarta E-Prix 2022 akan digelar pada Sabtu 4 Juli 2022.

Longo mengambil Amerika Serikat (AS) sebagai contoh, di mana gelaran Formula E di 2 musim terakhir tidak diadakan di ibu kota, melainkan di New York dan Portland.

“Secara infrastruktur, kedua kota itu sangat mendukung dan konsumen yang ada juga potensial. Itulah sebabnya kami mengiyakan walaupun kompetisi tidak diadakan di Washington DC (ibu kota AS),” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com