Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Knalpot Mobil Diesel Keluar Asap Hitam Saat Ngebut, Apakah Normal?

Kompas.com - 27/05/2023, 10:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemandangan asap knalpot hitam dari mobil diesel sering dijumpai di jalan. Baik mobil pribadi bermesin diesel maupun truk dan bus, setiap sedang tancap gas, akselerasi, atau ngebut kerap keluar asap gelap pekat dari knalpot.

Jika diamati lebih teliti, ternyata tidak semua mobil diesel akan mengeluarkan asap hitam saat akselerasi atau ngebut. Bisa dikatakan bahwa peristiwa tersebut hanya terjadi pada beberapa mobil saja.

Bahkan, asap hitam seharusnya tidak keluar dari knalpot bila kondisi putaran mesin konstan. Warna asap yang keluar dari knalpot dapat merepresentasikan kondisi campuran BBM dan udara di dalam ruang bakar.

Baca juga: Mitos atau Fakta Kecepatan Innova Reborn Diesel Mentok 200 Kpj?

Esa, pemilik bengkel Denso Esa Diesel, mengatakan, asap knalpot mesin diesel berwarna hitam bisa menjadi tanda normal atau tidak, tergantung kondisinya mobil bisa lari kencang atau tidak.

“Bila asap knalpot hitam tapi mobil bisa lari kencang, itu menandakan mobil sehat karena tenaganya sepadan dengan banyaknya BBM yang terbakar, tapi bila asapnya hitam tapi tenaganya loyo, maka itu menjadi masalah,” ucap Esa kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Esa mengatakan, warna hitam pada asap knalpot itu merupakan residu yang ada pada solar. Dengan kata lain, semakin banyak solar yang terbakar maka residu yang keluar akan banyak juga.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Diesel Modern Dilarang Pakai Solar Murah

All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny All New Subaru Forester S-EyeSight

Namun, pada kondisi tertentu bisa saja BBM yang terbakar sudah banyak tapi tenaga mesin loyo. Hal ini akan berakibat pada borosnya konsumsi solar.

“Seharusnya setiap solar yang terbakar dapat terkonversi menjadi tenaga sehingga jarak tempuhnya jauh atau sepadan dengan banyaknya BBM yang digunakan, dengan demikian bisa dikatakan normal,” ucap Esa.

Bagi Esa, mobil diesel yang boros saat digunakan untuk mengebut termasuk dalam kategori tidak normal. Dia berkeyakinan bahwa mobil bisa lari kencang dengan konsumsi BBM irit.

Baca juga: Mengenal Istilah Ngobos pada Mobil Mesin Diesel

Jadi, asap knalpot warna hitam yang keluar dari mobil diesel bisa dikatakan normal bila kendaraan bisa lari kencang, dan sebaliknya tidak normal jika tarikan mesin loyo. Artinya, kondisi itu akan membuat BBM boros.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com