Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Nyelonong Sendiri karena Lupa Tarik Rem Tangan dan Cek Persneling

Kompas.com - 23/05/2023, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan mobil sport utility vehicle (SUV) lawas tiba-tiba meluncur saat hendak dipanaskan oleh pemiliknya.

Kejadian tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @yudaaminurahman1, Senin (22/5/2023). Dalam rekaman tersebut, mulanya memperlihatkan pria berbaju putih tengah mengeringkan mobil setelah dicuci.

Pria tersebut kemudian menstarter mesin mobil untuk dipanaskan. Namun, setelah mesin menyala, mobil tiba-tiba langsung meluncur tak terkendali. SUV lawas berwarna merah itu baru berhenti ketika menabrak tembok rumah warga yang berada di depannya.

Baca juga: Crighton CR700W, Motor dengan Mesin Rotary dengan Performa Buas

Pagi yang cerah waktunya cuci-cuci. Setelah selesai mencuci rencananya mau manasin mesin mobil. Langsung saja di stater tanpa mengecek persneling. Alhasil mobilnya langsung meluncur dan berhenti di rumah orang,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Imam Choiri alias Apre, dari bengkel AP Speed di Bekasi mengatakan, kejadian mobil meluncur saat dipanaskan oleh pemilik mobil cukup sering terjadi.

@yudaaminurahman1

pagi yg cerah waktunya cuci2.setelah selalesai mencuci rencananya mau manasin mesin mobil.langsung aja di stater tanpa mengecek presneling.alhasil mobilnya langsung meluncur dan berhenti dirumah orang.dari pengalaman ini sebaiknya klo mau manasin biasakan duduk dulu di jok kemudi,periksa presneling dan rem tangan psatikan semuanya fungsi dgn baik dan baru stater.semoga bermanfaat

? suara asli - Yuda Aminurahman

“Kalau dilihat dari videonya, tuas persneling dalam kondisi masuk gigi dan mungkin tidak di handbrake. Kalau kondisi persneling masuk gigi 1 kan enteng, jadi (mobil) langsung jalan. Kalau mungkin masuk gigi berat biasa tidak kuat stater-nya untuk hidup,” ucap Apre, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Baca juga: Kymco Rilis KRV200, Skutik Bongsor Banderol Rp 80 Jutaan

“Nah, ini kadang kurang diperhatikan pemilik mobil. Ketika mau starter, pemiliknya tidak melakukan cek tingkat persneling lagi masuk gigi atau tidak. Alhasil pas starter mobil langsung hidup dan jalan sendiri,” lanjutnya.

Sementara itu, Director and Founder Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting menyarankan, saat hendak memanaskan mobil sebaiknya pemilik kendaraan berada di kabin.

“Saran saya saat menyalakan kendaraan, jangan pernah berada di luar kendaraan. Pengemudi wajib memeriksa terlebih dulu posisi persneling berada di posisi netral, rem tangan aktif. Setelah semua posisi aman, baru nyalakan starter kendaraan dan pengemudi wajib didalam mobil,” ucap Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com