Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenali Jenis Truk Berdasarkan Konfigurasi Ban

Kompas.com - 23/05/2023, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk merupakan kendaraan niaga yang didesain untuk mengangkut barang atau muatan khusus.

Maka dari itu, truk terdiri dari beberapa jenis sesuai kebutuhan. Bukan hanya berdasarkan ukuran, truk juga bisa dibedakan berdasarkan konfigurasi ban atau roda penggerak.

“Kalau kita lihat, misalkan disini truk 6x2 yang mana dibacanya punya 6 titik roda. Jadi jangan dihitung jumlah bannya , tapi jumlah titik. Atau misalnya 4x2, jadi yang dihitung titiknya. 2 itu sumbu penggerak atau gardan,” kata Bimo Nuswantoro, Sales Support & Trainer PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) di sela-sela acara DCVI media workshop, Senin (23/5/2023).

Baca juga: Toyota dan VW Jadi Mobil Terlaris di Dunia

Secara rinci, misalnya truk 6x4 yang artinya kendaraan tersebut memiliki enam titik atau sumbu roda dengan empat titik atau sumbu roda yang bergerak.

Empat sumbu roda yang bergerak yaitu ada pada bagian belakang, sedangkan dua lagi as roda yang ada di depan.

Truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 Meluncur di IndonesiaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 Meluncur di Indonesia

Lebih lanjut, untuk jenis truk engkel biasanya dapat dibedakan dengan konfigurasi ban 4x2. Truk jenis ini punya 2 sumbu roda dan 4 roda atau ban yang mana biasa dipakai untuk mengangkut muatan yang ringan.

Sedangkan truk yang mempunyai enam titik roda dengan tiga sumbu roda atau axle disebut tronton. Biasanya penulisan konfigurasi ban truk jenis tronton yakni 6x2 atau 6x4. Kemudian ada pula jenis truk tronton dengan konfigurasi 8x2.

Baca juga: Beda Tenaga Yaris Cross Hybrid dan Grand Vitara SHVS

“Yang aneh itu kalau ada tulisan per (/) misalnya 8x4/4. Garis 4 itu artinya steering axle. Jadi truk tersebut ada 8 titik roda dengan empat sumbu atau axle. Steringnya empat yang bisa dibelokan,” kata Bimo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com