Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Sporty Yadea Keeness Siap Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 22/05/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yadea pernah memamerkan motor listrik sporty Keeness di IIMS 2023. Rencananya, motor tersebut segera dijual di pasar Eropa dan Asia dalam waktu dekat.

Dikutip dari Rideapart, Keeness merupakan motor listrik yang bergaya motor sport, menawarkan kemampuan baterai dan performa dinamo yang baik. Yadea ingin menawarkan sensasi naik motor sport namun tetap bebas emisi.

Secara performa, Yadea Keeness dibuat punya kemampuan yang setara dengan motor sport 150cc. Dinamonya dipasang di tengah, tenaga disalurkan ke roda belakang pakai rantai.

Baca juga: Adu Spesifikasi Yadea G6 dengan Alva One, Siapa yang Lebih Unggul?

Motor listrik Yadea Keeness VFDDok. Yadea Motor listrik Yadea Keeness VFD

Tenaga yang dihasilkan sebesar 5,5 kW atau setara 7,3 TK (rated) dan tenaga puncaknya 10 kW atay setara 13 TK. Kecepatan puncaknya ada di 62 mil per jam atau sekitar 100 Kpj.

Kalau diperhatikan, tenaganya memang tidak sebesar itu, tapi ingat ini motor listrik. Karakter motor listrik berbeda dengan motor bensin, artinya tenaga puncak bisa dicapai kapan saja.

Jadi secara performa di jalan, tentu Yadea Keeness terasa lebih kencang daripada motor konvensional. Untuk baterai, Keeness menggunakan baterai 4,6 kWh dan diklaim bisa menempuh jarak 140 Km satu kali cas.

Baca juga: Bunyi Klakson Telolet Bikin Sopir Bus dan Sopir Angkot Ribut


Pada bagian kaki-kaki, Keeness menggunakan pelek 17 inci di depan dan belakang. Ukuran ban depan 100/80 dan belakang 130/70, suspensi depan upside-down dan belakang pakai monoshock dengan setelan preload.

Yadea berencana menghadirkan Keeness pada semester II 2023, di Asia pada Juli sedangkan di Eropa (Spanyol) di akhir tahun. Untuk harga, Keeness diprediksi akan di kisaran 7.000 Euro atau setara Rp 115 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com