Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Jajal Motor Listrik Murah Yadea T9

Kompas.com - 28/02/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Indomobil Emotor Internasional menghadirkan tiga model motor listrik di pameran IIMS 2023. Salah satu yang menarik adalah Yadea T9, yang menjadi motor listrik paling murah Yadea dengan harga Rp 21,5 juta.

Yadea T9 memiliki dimensi (PxLxT) 1.869 mm x 715 mm x 1.070 mm. Sementara tampilannya cukup sporty, yang sesuai dengan selera kebanyakan konsumen Indonesia.

Kami berkesempatan mencoba Yadea T9 di sela-sela pameran IIMS 2023. Meskipun area pengetesan terbatas, tapi rasa berkendara motor listrik ini sudah bisa terungkap.

Baca juga: Motor Listrik Selis E-Max Banyak Dipesan di IIMS 2023

Test ride motor listrik murah Yadea T9KOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik murah Yadea T9

Secara umum, ukuran motor listrik terbilang kecil. Bobotnya ringan, kurang lebih mirip dengan Honda Beat ataupun Yamaha Mio M3.

Dipakai meliuk-liuk di tengah kota, pastinya bisa dilakukan dengan mudah. Dengan ukuran yang kecil, kontrol pengemudi setinggi 161 Cm jadi lebih gampang. Kaki juga dengan mudah menapak di jalan.

Yadea T9 memiliki dek tengah yang lebar dan lega. Kaki pengendara tidak mentok ke setang. Dan, tampaknya bisa muat untuk satu galon air minum.

Baca juga: Trik Manjur Wuling Air EV Jadi Mobil Listrik Terlaris Indonesia

Kemudian, joknya cukup empuk dan lebar. Terdapat sandaran bagi penumpang belakang. Buat perjalanan jarak dekat, pastinya minim keluhan.

Namun, satu kekurangannya adalah respons motor listrik yang cukup mengagetkan. Dengan torsi motor listrik yang besar, putar gas sedikit saja, motor langsung mengentak.

Walaupun demikian, Yadea T9 cocok dipakai sehari-hari dan bisa jadi pilihan buat yang pertama mencoba motor listrik.

Baca juga: Video Pesepeda Masuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Ada Ancaman Pidana

Test ride motor listrik murah Yadea T9KOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik murah Yadea T9

Sebagai informasi, Yadea T9 mengusung baterai berjenis Graphene 72V 38Ah, yang dapat melaju sampai 100 Km saan baterai penuh, dan memiliki kecepatan maksimum 60 Kpj.

Yadea T9 memiliki empat pilihan warna, mulai Grey, Red, White, dan Blue. Secara model, motor listrik ini punya desain yang mirip dengan skutik entry level.

Fiturnya pun terbilang cukup, ada dermaga USB, layar instrumen LCD, mode berkendara, dan safety start button. Selain itu, motor ni sudah dilengkapi rem cakram di depan, dan lampu LED depan-belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com