Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Meleng dan Tabrak Truk Parkir

Kompas.com - 22/05/2023, 07:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor harus dilakukan dengan penuh konsentrasi. Mengingat di jalan ada saja objek yang bisa jadi bahaya saat tidak diperhatikan dengan baik.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Agoezbandz, ada pengendara motor yang berjalan beriringan. Tapi sayangnya, pengendara yang ada di sisi kiri jalan tidak memperhatikan kondisi di depan, di mana ada truk sedang parkir.

Alhasil, pengendara tadi malah menabrak truk tersebut dan terkapar di aspal. Belum diketahui bagaimana kondisi korban setelah kejadian, namun terlihat di video masih tidak sadarkan diri.

Baca juga: Tukar Baterai Motor Listrik di SPKLU Hanya Butuh 1 Menit

 

Menanggapi video tersebut, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, ada beberapa poin penting yang harus diingat pengendara saat ada di jalan, seperti postur berkendara yang aman.

"Salah satu dari postur berkendara adalah pandangan mata. Usahakan pandangan mata melihat lurus jauh ke depan agar bisa mengantisipasi setiap objek yang dapat menjadi potensi bahaya," ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (21/5/2023).

Objek yang ada pada video tersebut dan jadi potensi bahaya adalah truk yang parkir. Tapi jika melihat jauh ke depan, maka pengendara bisa menghindar dari objek yang mengganggu tersebut.

Baca juga: Kritik Penerobos Lampu Merah, Pengemudi Mobil Malah Dirujak Netizen


"Biasanya yang mengalami kecelakaan seperti video tersebut dikarenakan pengendara yang kurang antisipasi area depan dan asik melihat ke samping jalan (pengendara lain)," ucap Agus.

Apalagi, kalau dilihat pada video tersebut memang kondisi jalannya cukup gelap dengan penerangan jalan yang minim. Tentu kalau tidak melihat ke depan dengan baik, bisa mengalami kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com