Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Pengendara Motor Terpeleset di Pelintasan Kereta

Kompas.com - 17/05/2023, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor melewati pelintasan kereta memang butuh skill khusus. Apalagi kalau kondisi pelintasannya sudah jelek, pengendara motor rawan sekali terpeleset.

Akun TikTok @ramapermadoni membagikan tips bagaimana cara melintasi rel kereta di daerah Cimindi, Bandung. Pada video tersebut, kondisi jalannya memang kurang baik, ditambah ada tiga rel yang dilewati.

"Pertama kamu ambil jalan agak ke kiri. Kedua lakukan gerakan seperti ini agar posisi ban dan rel membentuk sudut 90 derajat," tulis Rama pada unggahannya dikutip Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Baca juga: Video Dua Bus TNI AL Terobos Pelintasan KA, Hampir Ditabrak Kereta

@ramapermadoni Tiap lewat sini aku gak pernah kepeleset ???? @officialbkb @infocimahi #tutorial #relcimindi #cimindi #cimahi #bandung #rel #relkereta #relkeretaapi #keretaapi #fyp ? Stel Kendo Stel Kenceng Jedag Jedug - Rian DTM

 

Terlihat pada video, motor yang melakukan cara tersebut memang bisa melintas dengan aman. Memang, hal yang membuat pengendara terjatuh adalah ketika ban terpeleset, tidak lancar melewati rel yang licin.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani memberikan tips lain agar lancar melintasi pelintasan kereta. Pertama, cari bagian jalan yang tingginya sejajar dengan rel.

"Kedua, jangan langsung lewati rel, tapi berhenti dulu agar bisa memilih rute yang aman untuk dilewati," ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Inden Mengular, Toyota Genjot Produksi Zenix Hybrid


Soal berhenti, Agus menyarankannya agar bisa memastikan kondisi di area tersebut aman. Berhentinya jangan terlalu lama, tapi cuma memastikan rute yang mau dilewati bisa dilalui dengan baik.

"Ketiga, kalau motor mati di tengah rel, jangan panik dan coba menyalakannya. Kalau sulit, langsung turun dan dorong motor, minta bantuan orang lain kalau dirasa tidak mampu," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com