Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Terjadi Kecelakaan, 36 Pelintasan Kereta Liar di DKI Ditutup

Kompas.com - 28/08/2022, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan dipelintasan kereta api masih marak terjadi. Bahkan tak jarang sampai menimbulkan korban jiwa, baik melibatkan pengendara sepeda motor maupun mobil.

Paling baru kecelakaan lalu lintas kereta api dengan pengendara motor saat melintas di KM 8+9 lintas Duri – Rawa Buaya, Jakarta Barat, pada Jumat (26/8/2022).

Guna mencegah adanya kecelakaan ulang, pihak Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta melakukan upaya keselamatan dengan melakukan penutupan pelintasan liar sesuai aturan perlintasan sebidang mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian.

Baca juga: Apakah Benar Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Bikin Kembangan Rusak?

“Daop 1 Jakarta menghimbau agar masyarakat tidak melakukan upaya membuka perlintasan liar dan menggunakan perlintasan resmi yang ada untuk keselamatan dan keamanan bersama,” kata Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (28/8/2022).

Eva mengingatkan kepada masyarakat atau pengguna jalan yang akan melintasi pelintasan KA apabila sirine sudah berbunyi dan palang menutup, dilarang menerobos dan membuka palang secara paksa.

“Pada pelintasan liar, kami menghimbau masyarakat lebih berhati-hati agar tidak sembarangan menyeberang dengan memastikan tidak ada kereta yang akan melintas,” kata dia.

Baca juga: Berburu Motor Bekas Bujet Rp 12 Jutaan, Bisa Dapat Suzuki GSX

Di area Daop 1 Jakarta saat ini terdapat 455 pelintasan dan 196 di antaranya merupakan pelintasan tidak resmi atau liar.

Pintu pelintasan sebidang JPL 30 Stasiun Pasar Senen rencananya akan ditutup oleh PT KAI.kompas.com/REZA AGUSTIAN Pintu pelintasan sebidang JPL 30 Stasiun Pasar Senen rencananya akan ditutup oleh PT KAI.

 

Untuk itu, sebagai bentuk dukungan mewujudkan keselamatan di pelintasan jalur KA, Daop 1 Jakarta memprogram akan menutup 67 pelintasan liar.

Adapun dari upaya penutupan pelintasan liar yang dilakukan oleh Daop 1 Jakarta bersama DJKA dan Pemda setempat sejak Januari 2022 sampai sekarang lebih dari 36 titik perlintasan dan 31 diantaranya merupakan perlintasan liar yang sudah ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com