Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Joan Mir Usai Cicipi Motor Honda Sasis Kalex

Kompas.com - 02/05/2023, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan cuma pebalap tes Honda Stefan Bradl yang menguji rangka baru buatan Kalex. Pebalap Repsol Honda Joan Mir juga mencicipi rangka baru di motor Honda RC212V 2023 tersebut.

Namun kesempatan Mir menjajal sasis baru tersebut hanya satu kali putaran. Sebab dia memakai motor yang dipakai Bradl yang diperbaiki setelah kecelakaan.

Baca juga: Harga LCGC Bekas Usai Lebaran mulai Rp 52 Jutaan

Untuk diketahui, Bradl menguji sasis baru buatan konstruktor Kalex dan jatuh. Para mekanik Honda kemudian memperbaiki motor dan mempersilahkan Mir menjajalnya, namun rupanya ada masalah pada kelistrikan.

Tim Repsol Honda menguji rangka baru yang ditengarai merupakan racikan perusahaan pembuat rangka, Kalex.Foto: Crash.net Tim Repsol Honda menguji rangka baru yang ditengarai merupakan racikan perusahaan pembuat rangka, Kalex.

“Apa pendapat saya tentang motor (Kalex) Stefan? Saya hanya melakukan satu putaran. Karena saya mengalami masalah kelistrikan, jadi saat keluar dari tikungan 5, gigi saya ada di dasbor!,” kata Mir dilansir Crash.net, Selasa (2/3/2023).

“Jadi saya hanya bisa membuat satu putaran, dan dalam satu putaran Anda tidak bisa membuat kesimpulan apapun. Bisa jadi positif, mungkin, tapi kami harus mencoba dengan cara yang lebih baik dari ini,” kata Mir.

Bradl tutup mulut ke media, tapi Mir menyampaikan bahwa Bradl senang dengan sasis baru tersebut. Mir menggaris bawahi bahwa gaya balap dia dan Bradl berbeda, tapi sasis baru membawa ubahan positif di motor.

Baca juga: Modifikasi Toyota Avanza Lawas, Punya Tampilan Racing Look

Tim Repsol Honda menguji rangka baru yang ditengarai merupakan racikan perusahaan pembuat rangka, Kalex.Foto: Crash.net Tim Repsol Honda menguji rangka baru yang ditengarai merupakan racikan perusahaan pembuat rangka, Kalex.

“Stefan senang. Jelas gaya berkendara Stefan sedikit berbeda (tetapi) saya yakin motornya berbeda. Di out lap, Anda merasa itu berbeda. Tapi saya tidak tahu apakah ini lebih cepat. Jadi ini yang harus kita ketahui,” ungkap Mir.

“Anda mengerti bahwa konsepnya sedikit lebih berbeda. Anda mungkin memiliki lebih banyak umpan balik tentang apa yang terjadi di roda. Tapi itu saja. Jadi saya tidak bisa bicara banyak, karena pemanasan ban satu lap, bukan cara yang tepat untuk membicarakannya,” ujar dia.

Seperti diberitakan, rumors yang berkembang, Honda frustasi dalam pengembangan motor balap RC213V. HRC dinilai mengalami banyak ketinggalan, mulai elektronik hingga sasis sehingga menggandeng Kalex.

Baca juga: Toyota Masih Terus Bakal Rilis Mobil Berlabel Gazoo Racing

Motor balap RC213V yang dipakai oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez dipajang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor ini mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dan memiliki konfigurasi V4, 4 katup per silinder DOHC, dan berpendingin cairan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor balap RC213V yang dipakai oleh pebalap Repsol Honda Marc Marquez dipajang di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor ini mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dan memiliki konfigurasi V4, 4 katup per silinder DOHC, dan berpendingin cairan.

Kalex sendiri bukan nama baru di dunia balap khususnya balap motor. Kalex merupakan konstruktor tersukses di kejuaraan dunia Moto2 selama satu dekade terakhir.

Kalex dipilih Honda untuk memproduksi sasisnya setelah motor Honda RC213V mengalami masalah performa sejak 2020.

Namun ini bukan pertama kali Kalex memasok komponen buat Honda. Tahun lalu swing arm buatan Kalex sudah menempel pada motor Marc Marquez dan sampai sekarang masih memakainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com