Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Buat Adventure X 390, Varian Motor Petualang yang Lebih Murah

Kompas.com - 02/05/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen motor petualang yang ringkas bisa dibilang sedang naik daun secara global. KTM menjadi salah satu merek yang turut meramaikan segmen tersebut dengan varian Adventure.

Dikutip dari Rushlane, KTM di India sudah mulai medistribusikan Adventure X 390, varian yang lebih ekonomis dari Adventure 390 biasa. Motor baru ini dibanderol 280.000 rupee atau Rp 52 jutaan, lebih murah Rp 10 jutaan dari Adventure 390 biasa.

Bisa dibilang, Adventure X 390 ini versi lebih sederhana dari yang standar. Mengingat, motor ini bergenre petualang, tentu secara basis tetap mampu diajak ke mana saja tapi dengan fitur yang tidak terlalu canggih.

Baca juga: Pedrosa Balapan di MotoGP Spanyol 2023 demi Kembangkan KTM RC16

KTM Adventure X 390, motor petualang baru KTM yang punya harga kompetitifRUSHLANE KTM Adventure X 390, motor petualang baru KTM yang punya harga kompetitif

Misal, Adventure X tidak dilengkapi dengan traction control, quick shifter, dan cornering ABS. Ban juga dari Metzeler (Adventure standar) diganti ke merek MRF.

Fitur dual ABS tetap ada dengan opsi mematikan ABS untuk roda belakang, jadi tetap mumpuni dibawa off-road. Kemudian instrumen LCD memakai milik Adventure 250, menggantikan model TFT full colour dan tuas rem tidak bisa disetel.

Selain itu, tidak ada perbedaan lain antara Adventure X dan Adventure biasa. Lampu depan tetap LED yang modelnya agresif, windscreen yang ringkas, pelek alloy, engine guard, dan sebagainya.

Baca juga: Simak Wilayah yang Adakan Pemutihan Pajak Kendaraan

Secara posisi duduk tetap sama, ergonomis dan tegak khas motor petualang dengan setangnya yang lebar. Bangkunya juga memakai model terpisah, membuat pengendara yang tubuhnya pendek lebih nyaman.

Untuk dapur pacu, tetap memakai mesin 373,2cc dengan pendingin cairan. Mesin ini menghasilkan 42,9 TK dan torsi 37 Nm, tenaga disalurkan ke roda belakang dengan rantai dan transmisi manual enam percepatan.

Soal konstruksi sasis, dipercaya model trellis yang ringan namun kokoh. Sektor suspensi tidak ada bedanya, tetap memakai WP Apex, upside down di depan dengan travel 170mm dan belakang monoshock.

Bagian pengereman Adventure X pun tidak disunat, masih memakai cakram berukuran 320mm di depan dan 230 mm di belakang. Fitur-fitur yang krusial masih disediakan KTM, menjadikan Adventure X 390 motor petualang yang value for money.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com