Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Berani Adang Bus yang Ngeblong Lawan Arah

Kompas.com - 02/05/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan pengendara sepeda motor berani mengadang bus yang sedang ngeblong melawan arah.

Tayangan tersebut diunggah oleh akun @dashcam_owners_indonesia, Senin (1/5/2023). Dalam rekaman itu terlihat pengendara motor berhadapan dengan bus berwarna biru yang melawan arah lantaran jalur yang dilalui bus tersebut terjadi kemacetan yang cukup panjang.

Pada video itu juga terlihat pengendara itu memarkirkan motor sport berwarna putih agar bus tersebut tidak bisa menyerobot jalurnya.

Baca juga: Honda Uji Sasis Baru Kalex di Tes Jerez 2023

Diketahui, kejadian tersebut terjadi di Jalan Lingkar Utara Tegal, Jawa Tengah, Senin (1/5/2023). Pengendara motor yang bernama Andrew Valeriano Martin Lumingkewas (20) itu mengaku sedang dalam perjalanan Semarang menuju arah Jakarta.

Menurutnya, saat itu banyak kendaraan yang mengambil jalur lawan arah, salah satunya adalah bus berwarna biru tersebut.

“Sudah saya kasih kode tangan dari jauh jangan masuk ke jalur saya karena di belakang saya ada truk dan kendaraan lain karena akan menambah titik kemacetan, tapi driver bus tetap masuk dan mau menyenggol pemotor depan saya,” ucap Andrew, dikutip dari Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Terlanjur kesal, Andrew akhirnya melakukan pengadangan dengan cara mematikan mesin motor dan memarkir depan bus.

Kasus bus yang ngeblong memang kerap terjadi di Indonesia. Ngeblong di sini maksudnya adalah bus yang mengambil jalur berlawanan demi menghindari macet.

Tentu saja kelakuan pengemudi bus seperti ini cukup menjengkelkan, sebab bisa membuat lalu lintas semakin semrawut. Belum lagi kalau ada pengemudi lainya yang mengikuti di belakang, malah bikin tambah macet.

Mengenai kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi harus mengesampingkan ego pribadi demi keselamatan orang lain.

Bus ngeblongyoutube Bus ngeblong

“Dengan alasan apapun, pengemudi yang melakukan metode ini sudah masuk kategori berbahaya, yang berpotensi menimbulkan kecelakaan pihak lain,” ucap Sony.

Sopir bus harus berpikir panjang dalam bersikap dan mengambil keputusan matang di jalan raya. Sebab, jalan raya merupakan fasilitas umum, jadi digunakan bersama dan harus mengutamakan keamanan.

Baca juga: KTM Buat Adventure X 390, Varian Motor Petualang yang Lebih Murah

“Ini sangat berbahaya karena berada di jalur berlawanan dan harusnya disetop demi keselamatan. Selain itu, bus tersebut sudah melanggar aturan lalu lintas,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com