Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Uji Sasis Baru Kalex di Tes Jerez 2023

Kompas.com - 02/05/2023, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JEREZ, KOMPAS.com - Usai MotoGP Jerez 2023 yang berlangsung (30/4/2023) pekerjaan tim belum berakhir. Para tim MotoGP melakukan tes resmi di tempat sama untuk menguji beberapa komponen baru Senin (1/5/2023).

Dilansir dari Crash.net, salah satu yang diketahui menguji komponen baru ialah tim Repsol Honda. Tim menguji rangka baru yang ditengarai merupakan racikan perusahaan pembuat rangka, Kalex.

Tidak ada konfirmasi resmi dari Honda soal rangka tersebut. Sekilas juga tidak ada perubahan desain dibandingkan dengan rangka Honda lainnya.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Kembali Berlaku Pagi Ini

Tim Repsol Honda menguji rangka baru yang ditengarai merupakan racikan perusahaan pembuat rangka, Kalex.Foto: Crash.net Tim Repsol Honda menguji rangka baru yang ditengarai merupakan racikan perusahaan pembuat rangka, Kalex.

Namun, beberapa detail menunjukkan bahwa rangka tersebut memang buatan Kalex, yang sudah memasok lengan ayun untuk motor Honda RCV.

Pebalap uji Honda, Stefan Bradl, juga diketahui mencoba beberapa fairing baru alias aero berwana hitam di tes Jerez 2023.

Di tes hari pertama, Senin (1/5/2023) Bradl jatuh di tikungan 5 sekitar pukul 2 siang waktu setempat. Tak jauh berbeda pebalap Repsol Hodan, Joan Mir juga jatuh saat tes hari pertama.

Bradl diketahui mencoba dua mesin dan mencoba kopling karbon.

Sedangkan part aero yang digunakan pebalap Jerman itu sebagai wild card saat grand prix akhir pekan diperkirakan akan dicoba oleh para pebalap Honda.

Baca juga: Jatim Jadi Wilayah Paling Sering Kecelakaan Saat Musim Mudik Lebaran

Stefan Bradl saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Stefan Bradl saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Rumors yang berkembang, Honda frustasi dalam pengembangan motor balap RC213V. HRC dinilai mengalami banyak ketinggalan, mulai elektronik hingga sasis sehingga menggandeng Kalex.

Kalex sendiri bukan nama baru, dan merupakan konstruktor tersukses di kejuaraan dunia Moto2 selama satu dekade terakhir.

Kalex telah dipilih Honda untuk memproduksi sasisnya, setelah motor Honda RC213V mengalami masalah performa sejak 2020.

Namun ini bukan pertama kali Kalex memasok komponen buat Honda. Tahun lalu misalnya, swing arm buatan Kalex sudah menempel pada motor Marc Marquez dan sampai sekarang masih memakainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com