Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran, Apakah Perlu Servis AC?

Kompas.com - 02/05/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan mobil pascamudik sebaiknya dilakukan supaya performa tetap terjaga dan potensi kerusakan bisa dihindari.

Satu perawatan yang cukup dianjurkan bagi para pemilik mobil setelah mudik lebaran, yaitu servis AC. Perawatan ini cukup ringkas, namun efeknya akan sangat terasa.

“Servis AC sangat dianjurkan, khususnya bagi pengguna yang belum melakukan servis pra-mudik. Mengingat mudik sendiri merupakan perjalanan jauh dan sangat demanding bagi mobil, khususnya komponen AC,” ucap Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Selain bisa menjaga kualitas pendinginan kabin pada mobil, servis AC juga bisa membantu konsumen untuk mengetahui gejala-gejala awal kerusakan jika ada.

Baca juga: Video Viral Bengkel di Sentul Getok Harga, Biaya Servis sampai Rp 2,7 Juta

Evaporator AC mobil tersumbat kotoran berpotensi mengalami korosiFendi/MF Auto Cool Evaporator AC mobil tersumbat kotoran berpotensi mengalami korosi

Gejala yang dimaksud bisa berupa tekanan freon yang menurun, oli kompresor harus diganti, atau evaporator kotor dan harus dicuci.

“Minimal bisa dilakukan pencucian evaporator AC karena biasanya setelah mudik, akan ada penumpukan kotoran di evaporator. Sebaiknya ini segera dibersihkan supaya kondisi AC tetap prima,” kata Zaki.

Jika evaporator dibiarkan kotor dan tidak rutin dicuci, ada potensi terjadinya karat yang bisa menimbulkan kebocoran. Hal ini berefek pada kualitas pendinginan yang menurun dan beberapa kerusakan lainnya.

“Intinya tetap melakukan servis, minimal dilakukan pemeriksaan dan pembersihan dasar. Tujuannya kan supaya tetap aman, karena kalau AC mendadak terkendala pasti akan sangat merepotkan,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com