Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Switch AC Masih On Dapat Sebabkan Aki Tekor?

Kompas.com - 01/05/2023, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Aki atau baterai mobil bisa tekor ketika mobil diparkir dalam jangka waktu satu malam. Ada banyak faktor yang menyebabkan aki tekor dalam waktu sesingkat itu.

Bisa jadi karena memang akinya yang sudah rusak, sehingga tidak mampu menyimpan daya listrik. Sehingga, ketika pagi mau menghidupkan mesin tidak kuat starter.

Perangkat listrik seperti lampu, audio dan lainnya yang masih hidup sepanjang malam juga dapat menyebabkan aki tekor karena daya listrik terkuras sementara pengisian dari mesin tidak terjadi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, AC Mobil Harus Dimatikan jika Ada Penumpang Sakit

Aki mobilDicky Aditya Wijaya Aki mobil

Ada juga anggapan ketika saklar AC masih pada posisi “on” selama mobil parkir bisa menyebabkan aki tekor karena perangkat AC dianggap mengkonsumsi daya listrik. Namun, apakah alasan tersebut benar?

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan perangkat elektronik yang masih aktif selama mesin mati, atau mobil terparkir bisa saja sebabkan aki tekor, tapi kalau sakelar AC tidak.

“Meski selektor AC masih berada di posisi on, sebenarnya sistem AC mobil otomatis memutuskan arus bila kunci kontak off, berbeda dengan lampu yang tetap bisa hidup meski kunci kontak sudah off,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Baca juga: Ketahui 3 Penyebab AC Mobil Bau Setelah Dipakai Mudik

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Hardi mengatakan sistem AC memiliki jalur rangkaian listrik yang berbeda dengan perangkat elektronik lain sehingga AC masih on saat mobil diparkir tidak akan membuat aki tekor.

Dia menjelaskan sumber arus listrik pada perangkat elektronik mobil bisa diambil dari beberapa titik. Ada yang langsung dari aki, harus melewati kunci kontak on, acc, dan sebagainya. Rangkaian tersebut akan menentukan apakah perangkat tersebut memakan daya listrik atau tidak saat mobil diparkir.

“Bila diamati, saat mobil diparkir dengan memposisikan kunci kontak off, maka perangkat elektronik yang bisa hidup hanya klakson, lampu kepala, lampu kabin, hazard dan sebagainya, sedangkan AC tidak akan bisa menyala,” ucap Hardi.

Jadi, perangkat elektronik yang bisa menyebabkan aki tekor dalam waktu singkat saat mobil parkir hanya beberapa saja, khususnya AC mobil tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com