Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Rossi Ditunjuk Jadi Duta Merek Yamaha

Kompas.com - 01/05/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi kembali menandatangani kontrak dengan Yamaha. Bukan sebagai pebalap, tapi sebagai duta merek Yamaha.

Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa mereka kedua belah pihak telah menandatangani perjanjian layanan duta multi-tahun dengan Valentino Rossi, menjadikan juara dunia sembilan kali itu sebagai Duta Merek resmi Yamaha.

Baca juga: Valentino Rossi Dapat Hadiah Unik dari BMW WRT, Setir Berbentuk Setang

Kisah epik Yamaha dan Rossi dimulai dengan kemenangan ikonik Rossi pada balapan pertama The Doctor dengan Yamaha di Afrika Selatan pada tahun 2004.

Valentino Rossi saat meraih kemenangan pertamanya bersama Yamaha pada MotoGP Afrika Selatan 2004.Dok. Yamaha Valentino Rossi saat meraih kemenangan pertamanya bersama Yamaha pada MotoGP Afrika Selatan 2004.

Sejak saat itu, Rossi dan Yamaha mengalami banyak aksi balap yang mendebarkan dan banyak momen hebat di trek maupun di luar trek.

Bersama Yamaha, Rossi berhasil mengoleksi 142 podium, merayakan 56 kemenangan di kelas utama, dan memenangkan empat gelar Kejuaraan Dunia MotoGP pada tahun 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Baca juga: Rossi Dukung Bezzecchi Jadi Juara Dunia MotoGP 2023

Meski sempat pindah ke Ducati selama dua musim, tapi Rossi kembali ke Yamaha hingga memutuskan untuk mengakhiri karir balapnya bersama Yamaha.

Valentino Rossi resmi jadi Duta Merek YamahaDok. Yamaha Valentino Rossi resmi jadi Duta Merek Yamaha

Rossi pensiun dari MotoGP setelah musim 2021, tetapi langsung menyatakan keinginannya untuk tetap mengendarai motor Yamaha untuk latihan dan liburan serta ketertarikannya untuk menjadi Duta Merek Yamaha.

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis, mengatakan, dia yakin banyak penggemar yang merindukan kehadiran Rossi di MotoGP sejak pensiun dari karirnya yang sukses. Rossi dan YZR-M1 telah berbagi ikatan khusus.

Valentino Rossi resmi jadi Duta Merek YamahaDok. Yamaha Valentino Rossi resmi jadi Duta Merek Yamaha

"Kedatangannya di Yamaha adalah katalisator yang benar-benar mengubah program balap MotoGP kami sampai-sampai Valentino dan Yamaha hampir menjadi sinonim. Bersama-sama kami meraih banyak kemenangan, podium, dan empat gelar juara dunia, dan kemudian ada juga momen di balik layar, kerja keras tetapi juga bagian yang menyenangkan dan hasrat yang sama untuk balapan," ujar Lin Jarvis, dalam keterangan resminya.

"Kami selalu menganggap Valentino sebagai 'keluarga', dan begitu dia menyatakan keinginannya untuk tetap menggunakan motor Yamaha dan menjadi Duta Merek, kami bekerja untuk mewujudkannya. Kami senang Valentino sekarang resmi menjadi duta besar kami," kata Lin Jarvis.

Valentino Rossi resmi jadi Duta Merek YamahaDok. Yamaha Valentino Rossi resmi jadi Duta Merek Yamaha

Rossi mengatakan, kesepakatan antara dirinya dan Yamaha memberikan emosi yang luar biasa. Dia dan Yamaha sudah bekerja sama selama bertahun-tahun di masa lalu, sehingga kerja sama ini terasa alami.

"Setelah saya pensiun dari MotoGP, saya tetap berlatih dan mengendarai sepeda motor. Saya selalu berencana untuk tetap balapan dalam satu atau lain bentuk. Selama karir MotoGP saya, saya mengendarai motor Yamaha sebagai bagian dari kontrak saya," ujar Rossi.

"Tetapi bahkan setelah pensiun, saya tetap menggunakan motor Yamaha karena saya menikmatinya. Saya senang bahwa kesepakatan telah ditandatangani, jadi Yamaha dan saya dapat bekerja sama dalam pengaturan baru ini," kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com