Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Kedua Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung Dimulai 30 April dan 1 Mei 2023

Kompas.com - 28/04/2023, 15:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Gelombang kedua puncak arus balik Lebaran 2023 ini di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, diprediksi terjadi pada Minggu (30/4/2023). 

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, kepadatan kendaraan yang melintas menuju ke arah barat sudah normal. Pemberlakuan aturan one way telah berakhir, Kamis (27/4/2023) pukul 23.00 WIB, untuk gelombang pertama arus balik. 

"Arus balik ini sudah 47 persen kendaraan yang melintas dari GT Kalikangkung," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (28/4/2023). 

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2023, Jutaan Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

Pada puncak arus balik gelombang kedua nanti, lanjut Agus, one way rencananya akan kembali diberlakukan. Aturan tersebut akan serentak dilaksanakan bersama ganjil genap bagi pemudik tujuan Jabodetabek. 

Menurutnya, puncak arus balik gelombang pertama di Gerbang Tol Kalikangkung terjadi pada H+2 Lebaran kemarin. 

Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang. Kementerian PUPR Lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, ruas Jalan Tol Semarang Batang.

"Kemungkinan rekayasa lalu lintas sama seperti sebelumnya. Kita siap antisipasi untuk tanggal 30 April-1 Mei," kata Agus. 

Baca juga: Puncak Arus Balik Gelombang Kedua Diprediksi 30 April dan 1 Mei 2023

Guna menghindari kepadatan gelombang kedua arus balik, Agus mengimbau, agar pemudik melakukan perjalanan pada sore dan malam ini. 

"Sebaiknya tidak balik pada Sabtu dan Minggu. Ada kemungkinan kepadatan arus balik gelombang kedua ini melebihi tanggal 24 kemarin," ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com