Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Grand Livina Kebakaran Lagi, Diduga karena Peredam Panas

Kompas.com - 25/04/2023, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar video kebakaran mobil Nissan Grand Livina seri L10, selang satu hari terjadi lagi. Kali ini terjadi pada Nissan Grand Livina seri L11 yang merupakan pembaruan dari seri sebelumnya.

Belum diketahui pasti apa penyebab kebakaran tersebut, namun kabar yang beredar banyak yang menebak karena insulator hood atau peredam panas yang berada di ruang mesin.

Berdasarkan informasi yang diunggah akun Instagram @infojawabarat kebakaran terjadi di daerah Cilengkrang, Wado, Sumedang. Meski tidak ada korban jiwa, sebagian bodi kendaraan hangus dilalap api.

Baca juga: Viral Video Kebakaran Nissan Grand Livina karena Peredam Panas

Nissan Grand Livina terbakar disebabkan peredam panas yang sudah lapukTangkapan layar Nissan Grand Livina terbakar disebabkan peredam panas yang sudah lapuk

Sampai saat ini, pihak Nissan belum mendapatkan data yang bisa menjelaskan apa penyebab kebakaran dari masing-masing mobil yang terbakar. Namun, dipastikan kedua mobil tersebut memang menggunakan insulator hood dengan bahan yang sama.

Head of Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Julian Olmon mengatakan pihaknya sampai saat ini belum bisa memberikan komentar terkait penyebab kejadian tersebut, karena penyebab kebakaran bisa dari banyak hal.

“Belum bisa memberikan komentar selama belum ada investigasi, karena penyebab kebakaran bisa dari banyak kemungkinan,” ucap Julian kepada Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Baca juga: Dugaan Penyebab Grand Livina Lawas yang Overheat di Tanjakan

Grand Livina terbakar tangkapan layar Grand Livina terbakar

Julian mengatakan jika mobil sudah ada modifikasi sendiri dan melakukan perawatan di luar bengkel resmi, hal itu semakin memperbanyak kemungkinan penyebab kebakaran yang terjadi.

“Jadi ada baiknya memang dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan atau investigasi, apa penyebab kebakaran tersebut sehingga informasi yang didapat bukan sekadar dugaan,” ucap Julian.

Julian mengatakan akan segera memberikan informasi terkait kejadian kebakaran tersebut bila memang datanya sudah valid lewat investigasi dari pihak internal.

Baca juga: Jangan Sembarangan Ganti Ukuran Sekring Mobil, Bisa Picu Kebakaran

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan penyebab kebakaran pada mobil memang bisa sangat beragam, untuk mengetahui dengan pasti harus dilakukan pemeriksaan.

“Yang pasti, bila mesin normal terus mengalami overheat sampai mesin macet, kemungkinan kebakaran sangat kecil, lain halnya kalau memang ada masalah dengan sistem BBM, kelistrikan dan sebagainya, kemungkinan kebakaran bisa saja timbul,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Menurut Ibrohim kebakaran bisa disebabkan karena ada masalah lain, sehingga panas dari mesin dapat memicu kebakaran. Seperti kebocoran selang BBM, rangkaian listrik yang tidak baik, sehingga percikan api akan memicu kebakaran.

Baca juga: Tips Agar Supercar Tidak Mudah Terbakar

Termasuk insulator hood atau peredam panas yang sudah lapuk, akan menjadi pemicu terjadinya kebakaran pada mobil karena serabut dari bahan wool fiber bersifat kering dan tipis sehingga panas mesin yang berlebih dapat membakarnya, terlebih lagi menempel pada knalpot.

Jadi, penyebab kebakaran pada mobil bisa sangat beragam tergantung kondisi mobil yang terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com