Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman Selama Mudik Lebaran

Kompas.com - 17/04/2023, 15:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertamina memproyeksikan akan terjadi peningkatan kebutuhan BBM pada mudik Lebaran 2023. Permintaan BBM jenis Gasoline (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) diprediksi meningkat 10,3 persen dari kondisi normal.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, mengatakan, Pertamina telah menyiapkan tambahan pasokan pada hampir semua jenis produk.

Peningkatan pasokan BBM sengaja dilakukan untuk mengantisipasi masa puncak yang diprediksi akan terjadi pada 1 April – 9 Mei 2023.

Baca juga: Pemudik Jangan Nekat Menggelar Kasur di Kabin Mobil

Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak (BBM) dari tangki truk Pertamina.PT Pertamina (Persero) Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak (BBM) dari tangki truk Pertamina.

“Selain itu, bukan hanya pasokan BBM yang kami jaga, tetapi juga kenyamanan pemudik dengan Rumah Pertamina Siaga karena jalan tol yang cukup panjang disiapkan di 20 titik,” ujar Nicke, dalam keterangan tertulis (17/4/2023).

Menurutnya, antisipasi juga dilakukan dengan menyiapkan fasilitas tambahan yang meningkat dibandingkan dengan tahun 2022.

Seperti SPBU Siaga yang melayani 24 jam dari 1.370 SPBU menjadi 1.505 SPBU, Agen LPG Siaga dari 4.239 agen menjadi 5.471 agen.

Baca juga: Perlukah Membuka Kap Mesin Mobil di Rest Area?

Lalu untuk wilayah yang belum ada SPBU, Pertamina memasang unit tambahan yakni Kiosk Pertamina Siaga seperti Pertashop, yang sebelumnya hanya 37 titik menjadi 44 titik.

Bila terjadi kemacetan, Pertamina telah menyediakan Motorist dari 220 unit bertambah dua kali lipat menjadi 402 unit, yang pemesanannya memanfaatkan fasilitas digital dan menghubungi Call Centre 135.

Untuk menyiapkan cadangan suplai BBM, Pertamina juga menyiapkan Mobil Tangki Stand By, dari 144 unit naik menjadi 201 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com