Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Membuka Kap Mesin Mobil di Rest Area?

Kompas.com - 16/04/2023, 15:01 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Bila cermat memperhatikan, saat musim mudik Lebaran atau libur panjang banyak pemilik mobil yang membuka kap mesin di rest area.

Kebiasaan itu dilakukan karena dianggap bisa mempercepat proses pendinginan mesin yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Benarkah cara tersebut bisa mempercepat proses pendinginan mesin?

Kepala Bengkel Nasmoco Janti Yogyakarta Bambang Sri Haryanto mengatakan, semuanya tergantung pemilik mobil. Jika mobil baik-baik saja, dan tidak ada masalah seperti overheat, tidak perlu membuka kap mesin. 

"Berhenti 3 jam sekali tidak masalah. Membuka kap biasanya dilakukan untuk mendinginkan mesin, dan mengecek kondisi mesin. Itu kan tergantung pemiliknya, bengkel tidak ada anjuran seperti itu. Kalau enggak ada overheat, mobil tidak ada pengecekan khusus di perjalanan," ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (16/4/2023). 

Baca juga: Pentingnya Cek Kondisi Ban Mobil Sebelum Mudik

Ketika berhenti di rest area, tidak perlu ada perlakuan khusus untuk mobil. Setelah perjalanan, mesin dimatikan agar dingin sendiri.

Penumpang mobil dapat melakukan aktivitas lain, seperti makan, sholat dan pergi ke toilet sambil meregangkan otot-otot tubuh agar kembali rileks. 

Kondisi Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022) pukul 11.00 WIBKOMPAS.COM/FARIDA Kondisi Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022) pukul 11.00 WIB

Kesalahan pemudik biasanya, tidak mematikan mesin lantaran ada penumpang yang tengah tidur di dalam mobil. Padahal, dampaknya buruk terhadap kesehatan penumpang dan mesin mobil. 

Baca juga: Tips Aman Cas Ponsel di Mobil Selama Perjalanan Mudik

"Bukan cepat dingin malah buang-buang BBM, kalau berhenti lama mesin masih hidup. Istirahat di rest area, penumpang semuanya harusnya turun, biar mesin dingin sendiri. Setengah jam lah, itu sudah cukup," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com