Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Obat-obatan yang Harus Tersedia di Mobil Saat Mudik

Kompas.com - 14/04/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemudik sangat dianjurkan untuk melakukan persiapan total sebelum memulai perjalanan. Peralatan dan barang pendukung harus dipastikan kelengkapannya, baik itu barang teknis maupun barang medis.

Terkait barang-barang yang bersifat medis, sejatinya setiap APM sudah membekali semua unit mobil dengan kotak P3K. Namun isinya hanya obat-obatan dasar untuk luka luar seperti kasa dan obat kuning.

“Memang P3K bawaan pabrik isinya cuma obat standar dan untuk luka luar saja. Supaya mudik tetap aman, pengemudi sebaiknya menyetok obat dan suplemen khusus sesuai kebutuhan,” kata Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia kepada Kompas.com, Rabu (12/4/2023).

Sebelum memulai perjalanan mudik, pemudik dianjurkan untuk mendatangi apotek dan membeli beberapa obat dan suplemen penunjang kesehatan.

Baca juga: Hindari Konsumsi Kopi dan Minuman Berenergi Saat Mudik Lebaran

Selama mudik, obat-obatan untuk menjaga kondisi balita harus diperhatikanFreepik Selama mudik, obat-obatan untuk menjaga kondisi balita harus diperhatikan

dr. Farid Eka Wahyu Endarto, Dokter Poliklinik Universitas Negeri Malang menjelaskan, keberadaan obat di kala mudik tidak bisa disepelekan. Bisa dikatakan, obat menjadi komoditas penting saat perjalanan jauh.

Ada obat-obatan tertentu yang mungkin umum dijumpai sehari-hari, tapi perannya besar di kala mudik. Contohnya obat demam penurun panas untuk anak kecil.

“Ketika anak kecil atau balita mendadak demam di jalan dan tidak segera ditangani, efeknya bahaya. Panas tinggi bisa mengakibatkan kejang-kejang pada balita,” kata Farid.

Selain obat-obatan generik, Farid juga menyarankan pemudik yang memiliki riwayat penyakit pribadi untuk membawa obat-obatan khusus.

Baca juga: Pemudik Wajib Tahu, Ini Daftar Emergency Kit yang Harus Dibawa

Ilustrasi persiapan mudik Lebaran. Dok. Shutterstock Ilustrasi persiapan mudik Lebaran.

“Misalnya penderita asma, usahakan bawa inhaler, serta penderita sakit lainnya seperti penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain. Obat-obatan wajib dibawa dan tidak boleh kehabisan stok,” kata dia.

Berikut adalah daftar obat-obatan untuk mudik yang dianjurkan. 

- Obat pribadi bila punya penyakit bawaan seperti asma, jantung, hipertensi, dan lain-lain

- Obat maag atau gastritis, untuk antisipasi terlambat makan

- Obat diare, untuk persiapan keracunan makanan karena salah makan

- Obat alergi, untuk persiapan alergi yang juga bisa terjadi karena salah makan

- Obat anti mabuk untuk perjalanan

- Obat demam, untuk pemudik yang memiliki balita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com