Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mudik Pengemudi Wajib Istirahat Setiap 2 Jam Sekali

Kompas.com - 10/04/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik bagi sebagian orang merupakan tantangan tersendiri, apalagi pengemudi tidak terbiasa melakukan perjalan jauh.

Maka dari itu, penting sekali bagi pengemudi pemula menyesuaikan dengan kemampuan dalam mengemudikan mobil terkait durasinya. Sehingga, bisa saja pengemudi membutuhkan istirahat setiap 2 jam sekali.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan semakin sedikit durasi berkendara maka semakin baik, hanya saja harus dibarengi dengan efektivitas istirahat yang optimal.

Baca juga: Berapa Waktu Istirahat Ideal bagi Pengemudi Truk dalam Perjalanan?

Ilustrasi berkendara bersama anggota keluarga. 

Dok. Shutterstock/imtmphoto Ilustrasi berkendara bersama anggota keluarga.

“Bisa 2 jam, atau sesering mungkin, yang paling penting disesuaikan dengan kemampuan pengemudi, soalnya ada orang yang lebih betah mengemudi dan kurang, kalau saya biasanya setiap 3 jam idealnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Dia mengatakan penting memanfaatkan rest area yang sudah disiapkan untuk berhenti sejenak. Dengan demikian pengendara bisa istirahat dengan efektif.

“Saat berhenti di rest area, gunakan waktu seefektif mungkin untuk mengistirahatkan tubuh, terutama istirahat yang dapat merefresh otot, saraf, otak, masing-masing 5 - 10 menit, jadi total 15 - 30 menit,” ucap Sony.

Baca juga: Cegah Microsleep Saat Perjalanan Jauh, Wajib Istirahat Tiap 3 Jam

KSPN Bromo-Tengger-Semeru bakal mempunyai empat gerbang masuk yang dilengkapi rest area.Dok. Kementerian PUPR KSPN Bromo-Tengger-Semeru bakal mempunyai empat gerbang masuk yang dilengkapi rest area.

Dia mengatakan jangan sampai sudah masuk rest area tapi malah pengemudi tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

“Jangan cuma masuk rest area terus melakukan aktivitas yang biasa-biasa saja, gunakan waktu yang ada seefektif mungkin untuk istirahat,” ucap Sony.

Jadi, penting sekali bagi pengemudi melakukan istirahat secara teratur agar perjalanan mudik tetap aman dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com